Selasa 06 Jun 2023 16:31 WIB

Fakta Angka Final UEFA Conference League, Produktivitas Fiorentina Vs Keperkasaan West Ham

Ini duel pertama antara Fiorentina vs West Ham United di pentas kompetisi Eropa.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Fiorentina Vincenzo Italiano vs pelatih West Ham United David Moyes di final UEFA Conference League 2023.
Foto: Republika.
Pelatih Fiorentina Vincenzo Italiano vs pelatih West Ham United David Moyes di final UEFA Conference League 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA -- Fiorentina dan West Ham United akan saling sikut untuk bisa merengkuh titel UEFA Conference League musim ini. Rencananya, laga final edisi kedua turnamen teranyar bentukan UEFA itu akan dihelat di Stadion Fortuna, Praha, Ceko, Kamis (8/6/2023) dini hari WIB.

Laga tersebut sekaligus menjadi duel perdana antara kedua klub di pentas kompetisi Eropa. Tidak hanya itu, laga ini sekaligus menjadi kesempatan terbesar buat kedua tim untuk bisa menambah trofi kompetisi Eropa di lemari kabinet trofi.

Baca Juga

Berbeda dari Fiorentina, yang baru mengoleksi satu trofi, West Ham sudah memiliki dua trofi kompetisi Eropa. Sementara Fiorentina mampu menjadi yang terbaik di gelaran Piala Winners pada 1960/1961, the Hammers sukses merengkuh titel Piala Winners pada musim 1964/1965.

Raihan gelar juara Piala Winners itu kemudian dilengkapi the Hammers dengan torehan Piala Intertoto pada musim 1999/2000. Di sisi lain, terakhir kali Fiorentina tampil di partai final kompetisi Eropa adalah saat mengakhiri Piala UEFA musim 1989/1990 sebagai runner-up.

Terlepas dari pengalaman kedua tim tampil di partai final kompetisi Eropa, Fiorentina dan West Ham mampu mengukir rekor impresif dalam langkah menuju partai final UEFA Conference League musim ini. La Viola, julukan Fiorentina, menjadi tim tersubur di pentas UEFA Conference League musim ini.

Sejak menapaki fase penyisihan grup hingga partai final, tim besutan Vincenzo Italiano itu total telah mencetak 36 gol. Koleksi gol ini sekaligus menjadi rekor baru di turnamen kasta ketiga antar klub Eropa tersebut. Sebagai perbandingan, finalis pada musim lalu, AS Roma dan Feyenoord, hanya mampu mengoleksi total 28 gol.

Finalis Coppa Italia musim ini tersebut juga memiliki rekor apik tiap kali menghadapi wakil asal Inggris di kompetisi Eropa. Dari 12 pertemuan dengan wakil asal Inggris, La Viola sukses memetik enam kemenangan. Catatan ini termasuk keberhasilan meraih dua kemenangan dari tiga laga knock-out kontra tim asal Inggris.

Di sisi lain, West Ham baru sekali berhadapan dengan klub asal Italia di fase gugur kompetisi Eropa, tepatnya saat berduel dengan Palermo di putaran pertama Piala UEFA musim 2006/2007. Saat itu, the Hammers harus mengakui keunggulan Palermo dengan menelan kekalahan di dua pertemuan.

Kendati begitu, West Ham bukan tanpa modal dalam menghadapi La Viola. Tim besutan David Moyes itu terbukti perkasa kala tampil di laga tandang di kompetisi Eropa. Klub asal London itu hanya menelan dua kekalahan dalam 14 kesempatan tampil di laga tandang di arena Liga Europa.

Jelang laga final UEFA Conference League musim ini, the Hammers mengantongi rekor enam kemenangan dan satu hasil imbang di tujuh laga tandang terakhir di pentas kompetisi Eropa. Bahkan, lima dari enam kemenangan itu diraih the Hammers dengan menorehkan catatan clean sheet.

Angka Fakta Partai Final UEFA Conference League:

1   -- Ini menjadi duel pertama antara Fiorentina dengan West Ham United di pentas kompetisi Eropa.

36  -- Fiorentina menjadi tim paling produktif di pentas UEFA Conference League musim ini dengan koleksi 36 gol dari 14 pertandingan dalam langkah menuju partai final.

6   -- West Ham United tidak pernah kalah dalam tujuh laga tandang terakhir di arena kompetisi Eropa dengan torehan enam kemenangan dan satu hasil imbang.

2   -- Ini menjadi partai final kedua yang dilakoni Fiorentina pada musim ini. Sebelumnya, Fiorentina dipaksa mengakui keunggulan Inter Milan di partai final Coppa Italia.

1   -- Laga ini menjadi partai final pertama Fiorentina di pentas kompetisi Eropa sejak terakhir kali merumput di partai final Piala UEFA musim 1989/1990.

3   -- Partai ini merupakan kesempatan ketiga West Ham United tampil di laga final kompetisi Eropa. Di dua kesempatan sebelumnya, The Hammers sukses memboyong titel Piala Winners dan gelar juara Piala Intertoto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement