Rabu 07 Jun 2023 15:17 WIB

Ini Komentar Pelatih tentang Tiga Pemain Naturalisasi Indonesia yang Baru

Shin Tae-yong memanggil tujuh pemain naturalisasi.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
FIFA Matchday Indonesia vs Palestina.
Foto: Dok PSSI
FIFA Matchday Indonesia vs Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia akan diisi oleh tujuh pemain naturalisasi dalam FIFA matchday periode Juni 2023 melawan Palestina dan Argentina. Ketujuh pemain yang masuk dalam daftar 26 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia di Surabaya adalah Marc Klok, Jordi Amat, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Stefano Lilipaly, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. 

Dari ketujuh nama atas, hanya beberapa yang sudah mulai bergabung ke pemusatan latihan sejak hari pertama pada Senin (5/6/2023). Mereka adalah Sandy Walsh, Rafael Struick, dan Ivar Jenner. 

Baca Juga

Pelatih fisik timnas Indonesia Shin Sang-gyu mengatakan, kondisi fisik para pemain harus segera ditingkatkan mengingat persiapan yang sangat singkat menjelang laga perdana FIFA matchday melawan Palestina, Rabu (14/8/2023). Sang-Gyu mengatakan, kondisi fisik pemain tidak dalam performa terbaik setelah mereka berlibur. 

"Memang di pihak kita sedikit beban juga sebenarnya masalah kondisi pemain. Seperti apa yang dibicarakan tadi mungkin liga indonesia saat ini sedang istirahat. Memang setiap tim ada yang latihan, tetapi pastinya belum sampai tahap normal," kata pelatih berusia 37 tahun tersebut, dikutip dari Youtube PSSI, Rabu (7/6/2023).

Dengan waktu yang singkat, pelatih akan berjuang untuk mengembalikan pemain ke bentuk terbaik mereka. Dalam unggahan video di Youtube PSSI, terlihat para pemain berkutat dengan alat-alat yang ada dalam fasilitas gym. Sang-gyu memahami waktu yang singkat ini tidak akan cukup, tapi ia memastikan semua akan bekerja keras semaksimal mungkin. 

Mengenai tiga pemain naturalisasi, Sang-Gyu mengatakan, ketiganya memiliki karakter yang berbeda-beda. "Sandy memang pemain yang sangat profesional, bukan karena dia main di liga Eropa, tetapi Coach Shin terima laporan juga dan selalu berkomunikasi dengan pemain-pemain di luar negeri. Memang persiapan Sandy sendiri sangat baik, porsi latihan dan memang tidak ada juga pertandingan selama ini jadi terlihat kurang," kata dia.

"Untuk Ivar dan Rafael, pemain muda terlihat masih kurang dalam mempersiapkan diri untuk bergabung ke timnas, memang yang memilih dan menentukan pemain-pemain ini main atau tidak itu Coach Shin. Ketiga pemain ini memang mempunyai tipe yang berbeda-beda," ujarnya menambahkan. 

Shin Tae-yong sudah memanggil 26 pemain yang bermain di luar dan dalam negeri untuk mengikuti TC timnas Indonesia. Namun, belum semua pemain datang ke pemusatan latihan karena belum dilepas oleh klub. Pelatih menilai akan menjadi masalah jika fisik pemain masih belum siap sampai pertandingan nanti. Sebab itu, dengan waktu yang sangat singkat ini tim pelatih memberikan porsi latihan yang sesuai untuk meningkatkan kondisi fisik mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement