Rabu 07 Jun 2023 18:22 WIB

Brilian, Laga di Liga Brasil 'Pasang' Ibu dari Para Suporter Sebagai Petugas Keamanan

Dengan 'pagar' ibu ini, para suporter tak berani anarkis.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Memori kelam Tragedi Kanjuruhan. Di Brasil, ada upaya unik untuk menghindari tragedi semacam ini.
Foto: EPA-EFE/MAST IRHAM
Memori kelam Tragedi Kanjuruhan. Di Brasil, ada upaya unik untuk menghindari tragedi semacam ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Brasil menjadi salah satu dari negara pecinta sepak bola terbesar di dunia. Tak ayal, olahraga kulit bundar di tanah tersebut selalu menghadirkan cerita menarik pun unik seperti duel dua tim liga Brasil.

Pertemuan antara Sport Recife melawan Nautico pada ajang Copa do Nordeste di Estadio dos Aflitos beberapa waktu lalu menjadi pertandingan yang terbilang menarik.

Baca Juga

Apabila merujuk pada duel antara Sport Recife versus Nautico pertarungan kedua tim terkenal sebagai salah satu laga terpanas karena perselisihan dua suporternya.

Bahkan pada tahun 2014, terdapat 19 kasus kematian dan 132 orang cedera akibat pertikaian suporter di Brasil, menjadikan Brasil sebagai negara dengan kasus kekerasan suporter terbanyak di dunia.

Sementara dikenal sebagai 'Classico dos Classicos' laga antara Sport Recife dan Nautico merupakan salah satu partai yang paling rawan pertikaian suporter. Pada 2013, terdapat 10 insiden selama pertandingan, sementara tahun 2014 terdapat 13 insiden.

Polisi dan pihak pengaman sebenarnya sudah melakukan berbagai cara untuk penanggulangan hal ini, tapi tampaknya para hooligans menghiraukan persoalan itu.

Alhasil demi bisa mengatasi pun menghindari jatuhnya korban jiwa pada pertandingan tersebut, agensi Ogilvy mengapungkan ide yang diberi nama 'Security Moms'.

Klub mengatakan, sebanyak 30 ribu ibu dari anggota suporter pun hooligans itu mendapat pelatihan yang sama dengan semua petugas keamanan dan relawan yang bekerja untuk pertandingan derby terbesar di Recife.

"Idenya adalah untuk membuat para suporter yang paling fanatik sadar dan membantu dengan cara tertentu untuk membawa kedamaian ke stadion. Pada akhirnya, tidak ada yang mau bertengkar di depan seorang ibu, terutama ibunya sendiri," kata Aricio Fortes wakil presiden Ogilvy kepada situs Web Sport dilansir The Guardian, Rabu (7/6/2023).

Program security moms dibuat untuk meningkatkan kesadaran akan kekerasan dan pengingat bahwa efek dari pertikaian tidak hanya merugikan mereka, namun juga orang di sekitarnya.

Giant screen dan 30 banner digunakan untuk menunjukkan keberadaan ibu-ibu yang bertugas. Untuk membedakan dengan petugas biasa, para ibu diberikan rompi orange yang bertuliskan 'security moms'.

Tidak ada insiden yang terjadi selama pertandingan. Tidak ada pula pertikaian atau perkelahian yang terjadi. Sedangkan hasil pertandingan dimenangkan oleh Sport Recife dengan skor 1-0 melalui gol yang dicetak Samuel Rosa Goncalves menit ke-28.

Recife adalah salah satu sarang sepakbola Brasil dan kekerasan penggemar telah mewabah di sana dalam beberapa tahun terakhir.

"Tidak ada yang mau berkelahi ketika seorang ibu menonton, terutama ketika dia berada di stadion dan menyaksikanmu."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement