Kamis 08 Jun 2023 05:28 WIB

Manajer Timnas Indonesia Prihatin Jelang Vs Palestina dan Argentina, PSSI Memohon ke Klub

Erick Thohir akan memberikan bonus khusus bagi pemain yang tepat waktu gabung timnas.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Andri Saubani
Manajer Timnas Indonesia Sumardji.
Foto: Media Bhayangkara FC
Manajer Timnas Indonesia Sumardji.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Manajer Timnas Indonesia Sumardji mengaku prihatin lantaran hanya delapan pemain yang tepat waktu memenuhi panggilan Timnas Indonesia. Sebanyak 26 pemain telah dipanggil oleh pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Surabaya mulai Senin (5/6/2023) sebagai persiapan persiapan menghadapi dua laga FIFA matchday melawan Palestina dan juara Piala Dunia, Argentina.

Latihan perdana digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Kedelapan pemain yang hadir, yakni Rafael Struick, Ivar Jenner, Sandy Walsh, Andy Setyo, Syahrul Trisna, Dendy Sulistyawan, Dimas Drajad, dan Fachruddin Aryanto mengikuti program yang diberikan oleh tim pelatih. Menurut Sumardji, tim pelatih akan kesulitan jika pemain tidak segera berkumpul sementara waktu persiapan semakin mepet.

Baca Juga

"Bisa dilihat yang hadir sampai saat ini baru delapan pemain. Jujur saja, saya prihatin," kata Sumardji yang tak bisa menyembunyikan kekecewaannya saat bicara kepada awak media. "Kondisi seperti ini akan menyulitkan, terutama tim pelatih," ujarnya menambahkan. 

Sumardji mengapresiasi para pemain yang datang tepat waktu. Ia mengungkapkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan memberikan bonus tersendiri kepada para pemain yang telah menunjukkan etos kerja dan profesionalitas tinggi tersebut.

"Perlu saya sampaikan untuk delapan pemain yang hadir saya ucapkan terima kasih. Dan tadi Pak Ketua umum mengapresiasi dan akan memberikan bonus tersendiri untuk yang tepat waktu ini," kata dia.

Sementara itu, pria yang juga anggota komite eksekutif (Exco) PSSI itu telah mendapatkan informasi tentang jadwal kedatangan beberapa pemain. Di antaranya, pemain dari Persib Bandung seperti Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Edo Febriansyah dan Marck Klok kemudian Stefano Lilipaly datang di hari kedua, Selasa (6/7/2023).

"Selanjutnya tanggal 7 (Juni) itu ada Nando (Ernando Ari Sutaryadi) sama Marselino (Ferdinan) akan langsung gabung ke sini. Terus tanggal 8 ada Elkan (Baggot) dan Saddil (Ramdani)," kata Sumardji. 

"Tanggal 11, (pemain) PSM, ini kita harus maklumi karena PSM ada pertandingan Yacob, Yance, dan Reza, kita maklumi, kita sudah koordinasikan dan nggak ada masalah, karena memang sudah jelas jadwalnya. Selanjutnya tanggal 12 ini cukup banyak, karena rata-rata pemain dari luar. Seperti Arhan, Asnawi, Shean dan Jordi," ujarnya. 

Selain itu, Sumardji mengungkapkan ada dua pemain Persija Jakarta yang ditahan oleh klub padahal tidak ada pertandingan yang dilakoni oleh tim Ibu Kota tersebut. Sebab itu, ia meminta kepada klub agar berkenan untuk melepaskan pemainnya demi kepentingan Timnas Indonesia agar terbangun chemistry dan hubungan baik antar pemain.

"Sebenarnya kalau untuk kepentingan timnas ya mohon teman-teman klub mau mengerti, karena kita juga menginginkan adanya chemistry dan hubungan baik, terutama komunikasi baik antara klub dan timnas. Karena ini kepentingan timnas bangsa dan negara," kata Sumardji. 

 

 

 

Klasemen Liga 1 2023/2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 14 8 4 2 21 8 28
2 Persepam Madura Utd Persepam Madura Utd 14 8 3 3 26 10 27
3 Persib Bandung Persib Bandung 14 6 6 2 26 8 24
4 PSIS Semarang PSIS Semarang 14 7 3 4 20 6 24
5 Cilegon United Cilegon United 14 6 5 3 17 4 23
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement