Kamis 08 Jun 2023 06:49 WIB

Declan Rice Mengaku Senang Bela West Ham Selepas Juara UEFA Conference League

Namun Declan Rice membuak peluang pindah ke klub lain.

Kapten West Ham United Declan Rice mengangkat trofi UEFA Conference League.
Foto: EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Kapten West Ham United Declan Rice mengangkat trofi UEFA Conference League.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Declan Rice mengatakan dia senang bermain untuk West Ham, di tengah spekulasi bahwa dia mungkin akan memainkan pertandingan terakhirnya untuk klub setelah membantu mereka mengakhiri penantian selama 43 tahun untuk meraih trofi besar. Rice menjadi kapten The Hammers saat mereka mengalahkan Fiorentina 2-1 di final yang dramatis di Eden Arena, Praha, Kamis (8/6/2023) dini hari WIB.

"Saat ini ada banyak spekulasi yang beredar mengenai masa depan saya," kata Rice kepada BT Sport, dikutip dari BBC, setelah mengangkat trofi besar pertamanya. "Ada ketertarikan dari klub-klub lain tetapi pada akhirnya saya masih memiliki dua tahun tersisa di West Ham. Saya mencintai klub ini dan saya senang bermain untuk klub ini."

Baca Juga

Rice menambahkan, fokusnya saat ini adalah bermain untuk West Ham. Apalagi, statusnya sebagai kapten klub. Namun, ia tetap membuka peluang pindah. 

"Kita lihat saja apa yang akan terjadi. Mari kita tunggu dan lihat saja. Siapa yang tahu?" ujarnya.

Sebelum kemenangan leg kedua semifinal Europa Conference League di AZ Alkmaar, manajer West Ham David Moyes mengatakan bahwa ada "kemungkinan besar" Rice akan hengkang pada akhir musim ini.  Rice telah menolak semua upaya untuk membuatnya menandatangani perpanjangan kontrak di tengah ketertarikan dari hampir semua klub papan atas Inggris. Kontrak sang gelandang akan berakhir pada 2024, meskipun the Hammers memiliki opsi untuk memperpanjangnya satu tahun lagi.

"Jika ini menjadi pertandingan terakhir Rice untuk West Ham, cara yang luar biasa, cara yang luar biasa untuk pergi," kata mantan gelandang West Ham, Don Hutchison, kepada BT Sport.

Rice menjadi kapten West Ham pertama yang memenangkan trofi Eropa sejak Bobby Moore dari Inggris mengangkat Piala Winners pada tahun 1965. Dalam mengangkat trofi, ia juga meniru pemain hebat klub Billy Bonds, yang membawa the Hammers meraih Piala FA pada 1975 dan 1980.

"Untuk bisa berada dalam pembicaraan itu [bersama Moore dan Bonds] adalah hal yang gila," kata Rice.

"Saya telah memberikan hati saya bermain untuk klub ini selama enam tahun terakhir. Saya akan memberikan apa pun untuk membantu klub ini menang. Kami tidak mengalami hal yang mudah. Kami telah menghadapi degradasi. Untuk memenangkannya sekarang, untuk berada dalam kategori itu, saya tidak ingin mengatakan terlalu banyak. Saya akan menjadi terlalu bersemangat."

Rice muncul melalui sistem akademi di West Ham dan telah membela Inggris sebanyak 41 kali. Ia bermain dalam lima pertandingan the Three Lions di Piala Dunia November dan Desember lalu. Rice telah membuat 62 penampilan untuk klub dan negara musim ini, mencetak enam gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement