Kamis 08 Jun 2023 09:16 WIB

Emerson Palmieri, Pemain Pertama yang Juara di Semua Kompetisi Antarklub Eropa

Henrikh Mkhitaryan berpeluang mengikuti jejak Palmieri jika juara Liga Champions.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pemain West Ham United Emerson Palmieri
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Pemain West Ham United Emerson Palmieri

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA -- Emerson Palmieri pemain pertama yang memenangkan tiga kompetisi antarklub UEFA. Ini setelah ia membawa West Ham United berjaya di UEFA Conference League atau Liga Konferensi UEFA musim 2022/23.

West Ham bertemu Fiorentina pada partai final ajang tersebut. The Hammers unggul 2-1 atas La Viola di Eden Arena, Praha, Kamis (8/6/2023) dini hari WIB, lewat kemenangan dramatis.

Baca Juga

Anak-anak kota London unggul terlebih dahulu pada menit ke-62 melalui penalti Said Behrama. Lima menit berselang Fiorentina langsung menyamakan kedudukan lewat upaya Giacomo Bonaventura. Gol penentu kemenangan West Ham diciptakan Jarrod Bowen pada menit ke-90. 

Skuad polesan David Moyes bahu membahu berjuang sampai detik terakhir. Fokus tetap terjaga meski beberapa kali dalam tekanan.

Hasil ini membuat Emerson menambah pundi-pundi gelarnya di pentas Benua Biru. Pada 2019 lalu, ia bagian dari skuad Chelsea FC yang memenangkan Liga Europa. Dua tahun berselang ia merasakan nikmatnya menggenggam Liga Champions bersama the Blues.

Belum berhenti sampai di situ. Ia termasuk pemain tim nasional Italia yang meraih trofi Euro 2020. Ajang ini mengalami penundaan, dan baru berlangsung setahun kemudian.

"Pesepak bola 28 tahun itu sudah memiliki tato trofi Liga Champions dan Euro di betis kanannya, dan menjelang pertandingan Rabu malam (waktu Praha), ia akan membuat tato Conference League jika West Ham keluar sebagai pemenang," demikian laporan yang dikutip dari Daily Mail, Kamis (8/6/2023).

Sebelummya, Tammy Abraham nyaris mengukir rekor serupa. Abraham pernah menjuarai Liga Champions bersama Chelsea FC, dan Conference League saat berkostum AS Roma. Sayang, beberapa hari lalu, ia kalah di final Liga Europa.

Satu nama lainnya berpotensi menyamai pencapaian Emerson. Dia adalah Henrikh Mkhitaryan. Sosok yang disebut terakhir merupakan penggawa Inter Milan.

Kebetulan Inter lolos ke final Liga Champions. Nerazzurri berjumpa Manchester City di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki, Ahad (11/6/2023) dini hari WIB. 

Jika wakil Italia ini menang, sempurnalah pencapaian Mkhitaryan. Sebelumnya, sang gelandang serang meraih trofi Liga Europa bersama Manchester United serta gelar UEFA Conference League saat berkostum Roma.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement