Kamis 08 Jun 2023 23:59 WIB

Fokus ke Isu Lingkungan dan Masyarakat, BUMN Peruri Diganjar Penghargaan

Peruri memiliki tiga program prioritas TJSL di bidang Pendidikan, Lingkungan, UMKM.

Ilustrasi lingkungan bersih dan nol polusi. Isu lingkungan jadi salah satu prioritas TJSL BUMN.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi lingkungan bersih dan nol polusi. Isu lingkungan jadi salah satu prioritas TJSL BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Unit yang berada di bawah naungan Kementerian BUMN pimpinan Erick Thohir kerap mendapatkan penghargaan di berbagai bidang. Kali ini, Peruri meraih penghargaan di bidang Corporate Social Responsibility (CSR) dalam ajang TOP CSR Award 2023. 

Seperti dinukil dari Kantor Berita Antara, Penghargaan yang diraih Peruri yaitu predikat TOP CSR Bintang 4 dan Top Leader on CSR Commitment 2023 yang diberikan kepada Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya. Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur SDM, Teknologi dan Informasi Peruri, Gandung Anggoro Murdani dan Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL Peruri, Ratih Sukma Pratiwi di Hotel Raffles Jakarta. 

Baca Juga

Selama 2022, sesuai arahan Erick Thohir, Peruri memiliki tiga program prioritas TJSL di bidang Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK). Dalam bidang pendidikan, Peruri membuat program edukasi “Digitalk” untuk meningkatkan literasi digital bagi masyarakat dan UMKM, di mana melalui program ini Peruri juga memperkenalkan produk-produk digital Peruri yang dapat mempermudah kegiatan UMK.

Pada bidang lingkungan, Peruri fokus pada pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) menggunakan teknologi ramah lingkungan agar hasil pengolahannya sesuai dengan baku mutu yang diregulasikan sehingga tidak memiliki dampak yang berbahaya bagi lingkungan. Program ini juga mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan tentang aktivitas produksi yang bertanggung jawab.

Pada 2022 Peruri telah menginisiasi framework “Peruri Hijau” guna membangun pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, di antaranya menyusun kebijakan dan strategi perusahaan dalam bidang keberlanjutan, menyusun business model untuk menjadi perusahaan berkelanjutan, merencanakan dan mengambil keputusan dalam rangka pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TBP)/Sustainable Development Goals (SDGs), serta menganalisis isu-isu keberlanjutan yang relevan bagi Peruri.

Peruri juga fokus pada pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang berkelanjutan dengan membentuk Peruri Digital Entrepreneur Academy. Pada 2022, Peruri Digital Entrepreneur Academy lebih menitikberatkan pada program inkubasi, pembinaan dan pendampingan bagi UMKM untuk meningkatkan kapasitas serta kapabilitasnya dalam menghadapi era industri 4.0. Pada fase ini para peserta diberikan edukasi untuk pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan performa bisnis UMKM di era industri 4.0, misalnya dengan mengoptimalisasikan media sosial, e-commerce atau marketplace, optimalisasi website dan lain sebagainya. Selain itu, para UMKM juga dapat memanfaatkan produk-produk digital Peruri, salah satunya adalah Peruri Code untuk memudahkan proses monitoring dan pendataan produk-produk yang akan dijual. Tahun ini, Peruri Digital Entrepreneur Academy akan difokuskan pada optimalisasi pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung bisnis UMKM. 

“Terima kasih kepada dewan juri dan panitia TOP CSR Award 2023 atas kepercayaan yang diberikan lewat penghargaan ini. Penghargaan ini berkat inisiatif baru kami, yakni Program Peruri Hijau yang menjadi salah satu prioritas ESG Peruri sebagai solusi terhadap kepedulian lingkungan, dimana hal tersebut juga selaras dengan misi perusahaan yaitu memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan, kepada bangsa dan negara,” ungkap Gandung Anggoro Murdani, Direktur SDM, Teknologi dan Informasi Peruri. 

Peruri dinilai berhasil dalam menjalankan program TJSL dengan pendekatan penciptaan nilai manfaat bersama atau creating shared value (CSV), sehingga program TJSL selaras dengan kegiatan bisnis perusahaan. Adanya produk-produk digital Peruri, manfaat program TJSL tidak hanya dirasakan oleh masyarakat, akan tetapi juga memberikan dampak positif bagi bisnis perusahaan.

Penilaian TOP CSR Awards 2023 berbasis ketentuan ISO 26000, Good Corporate Governance (GCG), dan Strategi Bisnis perusahaan. Perusahaan yang meraih penghargaan ini dinilai berhasil dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR), Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Community Development yang efektif dan berkualitas.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement