Jumat 09 Jun 2023 05:43 WIB

Shin Tae-Yong Akui Fisik Pemain Timnas Indonesia Jadi Permasalahan Utama

Belum lengkapnya pemain turut ganggu persiapan timnas di laga FIFA Matchday.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengamati pemain saat memimpin latihan.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengamati pemain saat memimpin latihan.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-Yong, mengakui fisik pemain timnas menjadi permasalahan utama menjelang dua laga FIFA matchday melawan Palestina dan Argentina. Itu tak lain karena sebelumnya pamain banyak yang libur setelah berakhirnya Liga 1 Indonesia musim 2022/2023.

Meski mamiliki waktu yang singkat, Shin Tae-Yong menyatakan bakal memaksimalkan training center (TC) timnas untuk meningkatkan fisik para pemainnya.

Baca Juga

"Kelihatan tidak baik secara fisik, secara keseluruhan juga. Kita tidak punya banyak waktu, tetapi kita akan fokus latihan untuk meningkatkan fisik pemain dan penguatan," kata Shin Tae-Yong, Kamis (8/6/2023).

Shin melanjutkan, kendala lain yang dihadapi adalah masih adanya klub yang enggan melepas pemainnya ke timnas. Bahkan, setelah empat hari TC digelar di Surabaya, jumlah pemain yang dipanggil tak kunjung lengkap. Ia mengatakan, belum lengkapnya pemain turut mengganggu persiapan tim menghadapi dua laga penting tersebut.

"Klub-klub juga yang harusnya lepas (pemainnya) tetapi tidak lepas, jadi terganggu juga. Pemain-pemain banyak yang berlibur, jadi pasti kurang dalam fisik," jelas Shin.

Padahal, lanjut Shin, dua tim yang bakal dihadapi bukan tim sembarangan. Palestina berada di ranking 93 FIFA. Jauh di atas Indonesia yang menduduki ranking 149 FIFA. Apalagi untuk Argentina yang baru saja menjuarai Piala Dunia 2022 dan saat ini menduduki peringkat 1 FIFA.

"Seperti apa yang dilihat, pastinya pada tahu Palestina rankingnya 90-an dan Argentina juara Piala Dunia. Saya berharap pemain bisa tampil maksimal dan mengikuti instruksi pelatih," kata Shin menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement