Rabu 07 Jun 2023 15:54 WIB

Sandy Walsh tak Sabar Debut Bersama Timnas Indonesia

Sandy Walsh sudah bergabung dengan TC timnas Indonesia di Surabaya.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Sandy Walsh, pemain naturalisasi yang siap membela Indonesia melawan Palestina dan Argentina
Foto: DOK PSSI
Sandy Walsh, pemain naturalisasi yang siap membela Indonesia melawan Palestina dan Argentina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu pemain naturalisasi Indonesia, Sandy, Walsh telah bergabung mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia di Surabaya sejak Senin (5/6/2023). Ia menempuh perjalanan jauh dari klub asalnya, Mechelen di Belgia menuju ke Surabaya. Bek berusia 28 tahun itu masih beradaptasi bersama tim dan tak sabar debut bersama Merah Putih. 

"Saya sangat antusias. Saya tidak mau berpikir terlalu jauh, tapi yang pasti saat ini tidak ada yang bisa menghentikan saya untuk membuat debut di sini (timnas Indonesia), kampung halaman kakek saya," kata Sandy dikutip dari Youtube PSSI, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga

Sandy saat ini tengah mengikuti TC Timnas Indonesia sebagai persiapan menghadapi dua laga FIFA matchday melawan Palestina pada Rabu (14/6/2023) dan juara Piala Dunia, Argentina, pada Senin (19/6/2023). Dia sebetulnya sudah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) sejak Desember 2022 dan pernah dipanggil ke timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Namun, klubnya, Mechelen, tidak memberi izin mengingat Piala AFF bukanlah agenda resmi FIFA. 

Sekarang Sandy akan mempersiapkan yang terbaik untuk bisa tampil bersama timnas Indonesia. "Ini sangat spesial. Tentu saya akan bekerja keras melawan Argentina di Jakarta. Kita akan memberikan yang terbaik kepada para penggemar sepak bola Indonesia," kata dia.

Pemain kelahiran Brussel, Belgia, itu mengaku masih beradaptasi dengan tim. Beruntung, pelatih Shin Tae-yong masih memberikan porsi latihan ringan pada hari pertama mengingat para pemain baru kembali dari liburan dan beberapa dari mereka menempuh perjalanan jauh. Sandy sendiri menempuh perjalanan 20 jam lebih untuk bisa tiba di Surabaya. 

"Sangat senang berada di sini untuk mempersiapkan dua pertandingan penting. Saya senang bisa berada di sini, melihat lebih banyak pemain datang setiap hari dan bekerja keras," kata dia. "Beberapa dari kami melakukan perjalanan berjam-jam. Saya sendiri menempuh lebih dari 20 jam. Ini latihan ringan yang bagus sebagai pemanasan untuk latihan selanjutnya," ujarnya menambahkan. 

Di sisi lain, pelatih fisik timnas Indonesia Shin Sang-Gyu memberikan pujian kepada Sandy atas etos kerjanya. Pasalnya Sandy merupakan salah satu dari delapan pemain yang datang tepat waktu sejak hari pertama TC pada Senin (5/6/2023) lalu. Pelatih asal Korea Selatan pun memuji profesionalitas Sandy yang patut ditiru oleh para pemain timnas Indonesia lainnya.

"Pertama untuk Sandy Walsh ya, Sandy Walsh adalah pemain yang sangat profesional. Bukan karena dia pemain di Liga Eropa, tetapi kita kerap terima laporan juga," kata Sang-Gyu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement