Jumat 09 Jun 2023 14:31 WIB

FIFPRO Sebut Padatnya Jadwal Pertandingan Membahayakan Pemain Sepak Bola

Kepadatan pertandingan menimbulkan masalah bagi kesehatan fisik dan mental pemain.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
 Randal Kolo Muani dari Prancis (kiri) dan Nicolas Tagliafico dari Argentina bertabrakan saat mereka memperebutkan bola pada pertandingan sepak bola final Piala Dunia antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Ahad (18/12/2022).
Foto:

Menurut data Football Benchmark, Varane membuat 248 penampilan di semua kompetisi sejak Juni 2018 dengan 58 persen di antaranya berturut-turut, yang didefinisikan oleh PWM sebagai istirahat kurang dari lima hari di antaranya. Ia juga menempuh jarak 229.244 kilometer untuk perjalanan internasional selama periode tersebut.

Faktor lain berkontribusi pada beban kerja pemain, termasuk dorongan FIFA untuk meningkatkan waktu bermain di pertandingan Piala Dunia dengan waktu penghentian rata-rata mencapai 11 menit.

Publikasi itu menemukan bahwa sekitar 44 persen pemain mengalami lebih banyak kelelahan fisik dan 23 persen lebih banyak kelelahan mental di bulan Januari dibandingkan musim lainnya. Sementara 53% merasa lebih mungkin menderita cedera.

Klub di lima liga besar Eropa menghasilkan lebih dari 3.000 pemain yang cedera selama musim 2022/2023 dengan Liga Primer kehilangan total 686 pesepak bola serta Serie A Italia sebanyak 679.

Lebih lanjut bagi talenta muda seperti gelandang Inggris Jude Bellingham, yang didatangkan Real Madrid seharga 103 juta euro dari Borussia Dortmund tercatat memiliki beban kerja yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan para senior terdahulu seperti Steven Gerrard ataupun Frank Lampard.

"Meskipun sangat penting untuk memberikan kesempatan kepada talenta muda untuk mengembangkan dan memamerkan keterampilan, sama pentingnya untuk melindungi kesejahteraan mereka dan memastikan kesuksesan jangka panjang mereka," demikian kesimpulan laporan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement