Sabtu 10 Jun 2023 16:41 WIB

Pebulu Tangkis Tuan Rumah Diharapkan Bisa Jaga Fokus di Indonesia Open 2023

Tampil di kandang tentu jadi keuntungan tersendiri buat pebulu tangkis Indonesia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Mantan atlet bulu tangkis nasional Liliyana Natsir (kiri) menjawab pertanyaan saat konferensi pers.
Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho
Mantan atlet bulu tangkis nasional Liliyana Natsir (kiri) menjawab pertanyaan saat konferensi pers.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peraih medali emas nomor ganda campuran bulu tangkis Olimpiade 2016, Liliyana Natsir, menilai, para atlet bulu tangkis Indonesia bisa memanfaatkan keuntungan tampil di kandang sendiri kala berlaga di Indonesia Open 2023. Namun, keuntungan ini diharapkan tidak menjadi bumerang tersendiri buat para atlet tuan rumah.

Indonesia Open 2023 rencananya akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada 13 Juni hingga 18 Juni 2023. Sejumlah atlet bulu tangkis papan atas dunia dijadwalkan ambil bagian dalam salah satu seri tertinggi di BWF World Tour 2023 tersebut, tidak terkecuali atlet bulu tangkis Indonesia.

Baca Juga

Selain sebagai turnamen seri tertinggi di BWF World Tour 2023, Indonesia Open 2023 juga bakal masuk dalam perhitungan poin untuk kualifikasi Olimpiade 2024 Paris. Indonesia Open 2023 pun dinilai menjadi kesempatan buat atlet bulu tangkis Indonesia untuk bisa mendulang poin menuju Olimpiade 2024.

Begitu pula dengan kesempatan membayar kekecewaan pada tahun lalu, saat tidak ada satu pun atlet bulu tangkis Indonesia yang mampu menyabet gelar juara di turnamen ini. Tampil di kandang sendiri tentu menjadi keuntungan tersendiri buat atlet bulu tangkis Indonesia.

Liliyana Natsir mengakui, tampil sebagai tuan rumah bisa menjadi motivasi tambahan buat para atlet Indonesia untuk bisa tampil maksimal di turnamen ini. Namun, mantan atlet bulu tangkis yang bisa disapa Butet itu juga mengingatkan, keuntungan tampil di kandang sendiri jangan menjadi bumerang buat atlet Indonesia.

''Jangan jadi bumerang. Karena terlalu kepengen (untuk jadi juara) kita sendiri jadi kurang bisa menjaga (permainan), karena terlalu menggebu-gebu, fokusnya jadi terpecah. Namun, sekarang ini, atlet-atlet sudah paham bertanding di Indonesia itu bakal seperti apa,'' kata Butet kepada awak media usai event Meet and Greet dengan legenda bulu tangkis Road to Indonesia Open 2023 with HSBC Indonesia, Sabtu (10/6/2023).

Tidak hanya itu, pasangan Tontowi Ahmad saat menyabet medali emas Olimpiade Rio 2016 itu juga berharap, para atlet Indonesia bisa menjaga kondisi fisik dan mental. Terlebih, para atlet bulu tangkis Indonesia baru saja menyelesaikan serangkaian turnamen dengan waktu yang nyaris berdekatan dalam beberapa bulan terakhir.

''Lawannya kan sebenarnya itu-itu saja, sama saja. Tinggal bagaimana kesiapan mentalnya, persiapan secara fisik, dan kondisi bakal seperti apa. Saya tentu berharap ada yang bisa menjadi juara, tapi memang butuh kerja keras,'' tegas Butet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement