Selasa 13 Jun 2023 19:31 WIB

PSG Kalahkan Tottenham dan Aston Villa untuk Rekrut Lee Kang-in dari Mallorca

Lee dianggap salah satu talenta muda paling cemerlang dari Korea Selatan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Mallorca Kang-in Lee (kanan) yang segera pindah ke Paris Saint-Germain (PSG).
Foto: EPA-EFE/Cati Cladera
Gelandang Mallorca Kang-in Lee (kanan) yang segera pindah ke Paris Saint-Germain (PSG).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paris Saint-Germain (PSG) dikabarkan hampir mencapai kesepakatan untuk mendatangkan playmaker Mallorca, Lee Kang-in. Mantan bintang muda Valencia ini menikmati musim yang kuat bersama Mallorca selama musim 2022/2023 dengan enam gol dan tujuh assist dari 36 pertandingan di La Liga Spanyol.

Pemain berusia 22 tahun itu, yang dianggap sebagai salah satu talenta muda paling cemerlang yang muncul dari Korea Selatan, masih terikat kontrak dengan Mallorca hingga 2025, tetapi penampilannya rupanya menarik perhatian klub-klub yang berkompetisi di Eropa.

Baca Juga

Atletico Madrid seharusnya berharap dapat membawa sang playmaker ke ibu kota Spanyol, namun sejak itu dilaporkan bahwa Rojiblancos telah mengakui kekalahan dalam upaya untuk mendatangkannya.

Aston Villa kemudian menjadi yang terdepan, namun the Lions tampaknya juga akan gagal untuk mendapatkan Lee, saat Foot Mercato melaporkan bahwa PSG hampir menyetujui kesepakatan untuk pemain berusia 22 tahun tersebut.

Juara Prancis dilaporkan telah mengajukan tawaran 15 juta euro atau sekira Rp 241 miliar untuk pemain internasional Korea Selatan, sementara Atletico gagal dengan tawaran 12 juta euro atau sekira Rp 193 miliar.

Dilansir Sportsmole, Selasa (13/6/2023), Mallorca siap menerima tawaran PSG, dan Lee diduga telah menyetujui persyaratan kontrak lima tahun dengan Les Parisiens, yang telah memantau perkembangannya selama beberapa waktu.

Tottenham Hotspur dan Manchester United juga terus memantau perkembangan Lee, namun pemain berusia 22 tahun itu kini telah memberikan kepastian kepada PSG, saat ia bersiap untuk mengakhiri masa baktinya selama dua tahun bersama Mallorca.

Playmaker serbabisa ini telah mengoleksi total tujuh gol dan 10 assist dalam 73 pertandingan untuk tim asal Spanyol tersebut, yang memainkannya sebagai pemain nomor 10, pemain sayap kiri, pemain sayap kanan, dan second striker selama bermain di Iberostar Stadium.

Sebelum naik ke level senior bersama Korea Selatan, Lee memenangkan penghargaan Golden Ball di Piala Dunia U-20 FIFA 2019, mencetak dua gol dan memberi assist untuk empat gol lainnya saat timnya kalah dari Ukraina di final.

Pemain berusia 22 tahun ini telah membuat 12 penampilan untuk tim senior Korea Selatan dan bermain di keempat pertandingan Piala Dunia 2022. Ia mencatatkan satu assist dalam kekalahan 2-3 di babak penyisihan grup dari Ghana.

Lee akan menjadi rekrutan ketiga PSG pada bursa musim panas ini, setelah Marco Asensio dan Manuel Ugarte, meski belum ada pengumuman resmi dari klub.

Pemain asal Korea Selatan itu tiba di ibu kota Prancis setelah kepergian Lionel Messi dengan status bebas transfer ke Inter Miami, sementara Kylian Mbappe juga dapat dijual setelah pengungkapan terbaru dalam saga transfernya yang telah berlangsung lama.

Pemain asal Prancis itu tampaknya telah memberi tahu PSG bahwa dia tidak akan memicu opsi satu tahun dalam kontraknya dan oleh karena itu akan pergi sebagai agen bebas pada tahun 2024 jika dia tidak dijual pada bursa saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement