Rabu 14 Jun 2023 16:17 WIB

Ronald Koeman Tegaskan Belanda Butuh Mentalitas Terbaik untuk Kalahkan Kroasia

Belanda akan menjamu Kroasia di Rotterdam, Kamis (15/6/2023) dini hari WIB.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pelatih Belanda Ronald Koeman
Foto: AP Photo/Peter Dejong
Pelatih Belanda Ronald Koeman

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM -- Tim nasional Belanda akan menjamu Kroasia pada laga semifinal UEFA Nations League 2022/2023 di Stadion De Kuip, Rotterdam, Kamis (15/6/2023) dini hari WIB. Belanda merupakan juara Grup A4 dengan tak tersentuh kekalahan pada fase grup mengemas lima kemenangan, sekali seri dengan catatan 14 gol dan hanya enam kebobolan dalam enam partai terakhir.

Pelatih Belanda Ronald Koeman mengaku pasukannya sudah tidak sabar menjalani laga krusial tersebut. Ia meyakini de Oranje dapat mengalahkan Kroasia sekaligus melangkah ke partai final.

Baca Juga

"Kami menantikan pertandingan ini. Kami memiliki tim yang bagus dan kami bermain di rumah sendiri," kata Koeman menjelaskan dilansir laman resmi UEFA, Rabu (14/6/2023).

Striker Memphis Depay menjadi pencetak gol terbanyak bagi de Oranje di League A musim ini. Sedangkan Kroasia melaju ke putaran final usai menjadi juara Grup A1. Untuk itu, Koeman meminta pasukannya tidak memandang sebelah mata lawan untuk bisa menggenggam tiket lolos ke final.

"Kroasia benar-benar tim yang kuat, mereka telah sukses besar dalam beberapa tahun terakhir, jadi itu akan sulit," sambung eks pelatih Barcelona dan Everton.

Lebih lanjut, bek tengah Virgil van Dijk mengharapkan rekan setimnya untuk tampil sebaik mungkin untuk bisa mengalahkan finalis Piala Dunia 2018.

"Kami harus menjadi yang terbaik untuk mengalahkan mereka. Mereka memiliki lini tengah yang memainkan level sepak bola tertinggi," kata Van Dijk.

Pemain milik Liverpool menjelaskan, Belanda harus percaya diri dengan kemampuan sendiri untuk bisa mencapai final. "Butuh kerja keras dengan sepak bola berkualitas tinggi, disamping keberuntungan," kata dia.

Adapun dalam dua pertemuan terakhir kedua tim Belanda dan Kroasia sama-sama mencatat satu kemenangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement