Rabu 14 Jun 2023 14:30 WIB

Semifinal UEFA Nations League, Ambisi Ronald Koeman Tuntaskan Penasaran Belanda

Belanda terakhir kali juara pada Piala Eropa 1988.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pelatih Belanda Ronald Koeman
Foto: EPA-EFE/MAURICE VAN STEEN
Pelatih Belanda Ronald Koeman

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM -- Pelatih Ronald Koeman berbicara tentang ekspektasi timnas Belanda untuk memutus puasa gelar selama lebih 35 tahun. De Oranje bersiap menghadapi Kroasia pada laga semifinal UEFA Nations League 2022/2023 di Stadion Feyenoord, Kamis (14/6/2023) dini hari WIB.

"Kami ingin memainkan pertandingan untuk memenangkan trofi, jadi itulah yang akan kami coba lakukan," kata Koeman dilansir laman resmi UEFA, Rabu (14/6/2023).

Baca Juga

Koeman sempat mengambil tugas sebagai pelatih Belanda pada 2018 hingga 2020 sebelum kembali mengambil pekerjaan pada awal tahun kemarin. Kini bermain di hadapan pendukung sendiri timnas Belanda tentu berharap bisa menjuarai gelar bergengsi setelah terakhir kali terjadi pada Piala Eropa 1988 silam.

Setelah itu, de Oranje sudah tidak pernah lagi meraih podium tertinggi di level senior. Tidak mengherankan apabila Belanda kerap dijuluki fan lawan sebagai juara tanpa mahkota.

"Alasan saya untuk kembali adalah untuk memenangkan trofi dan bekerja untuk timnas adalah suatu kehormatan," sambung Koeman.

Sekarang momentum untuk meraih trofi juara kembali mereka dapatkan. Berstatus tuan rumah semifinal dan final UEFA Nations League 2022/2023,  ini menjadi kesempatan terbaik mereka untuk kembali berpesta.

Meski dua langkah menuju podium tidak akan mudah mengingat pada laga semifinal mereka harus menghadapi tim peringkat ketiga Piala Dunia 2022, Kroasia.

"Para pemain menciptakan suasana yang hebat dan tim yang nyata, sampai sekarang. Kami ingin memainkan pertandingan untuk memenangkan trofi. Grup ini memiliki jumlah pengalaman yang tepat, para pemain memiliki pengalaman Piala Dunia, yang membuat mereka lebih kuat," kata dia.

Ini akan menjadi pertemuan ketiga Belanda dan Kroasia. Sebelumnya, Kroasia menang 2-1 dalam perebutan peringkat ketiga Piala Dunia 1998. Sementara dalam duel terakhir pada uji coba internasional 2008 silam, Belanda menang 3-0 atas the Vatreni.

Adapun pemenang laga ini selanjutnya akan berhadapan dengan salah satu dari Spanyol atau Italia di partai puncak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement