Kamis 15 Jun 2023 05:11 WIB

Penalti Luka Modric Pastikan Langkah Kroasia ke Final UEFA Nations League

Kroasia mengalahkan Belanda 4-2 di semifinal UEFA Nations League.

Ekspresi kebahagiaan Luka Modric merayakan kemenangan Kroasia atas Belanda di semifinal UEFA Nations League dengan skor 4-2.
Foto: EPA-EFE/MAURICE VAN STEEN
Ekspresi kebahagiaan Luka Modric merayakan kemenangan Kroasia atas Belanda di semifinal UEFA Nations League dengan skor 4-2.

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM -- Gelandang veteran Luka Modric mencetak gol penalti pada babak perpanjangan waktu untuk memastikan kemenangan 4-2 yang mendebarkan bagi Kroasia atas Belanda di Stadion Feyenoord, Rotterdam, Kamis (15/6/2023) dini hari WIB. Kemenangan ini sekaligus memastikan satu tempat di final UEFA Nations League untuk bertemu pemenang duel semifinal lainnya antara Spanyol dan Italia.

Ribuan pendukung Kroasia yang berkostum merah-putih meneriakkan "Luka! Luka! Luka!" setelah pemain berusia 37 tahun ini mencetak gol dari titik penalti pada menit ke-116 atau empat menit menjerang babak kedua perpanjangan waktu berakhir. Laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu setelah skor imbang 2-2 pada waktu normal yang mendebarkan. 

Baca Juga

Belanda memimpin lebih dulu lewat gol Donyell Malen pada menit ke-34. Namun Kroasia berbalik unggul melalui tendangan penalti menit ke-55 oleh Andrej Kramaric dan sepakan Mario Pasalic pada menit ke-73.

Belanda yang di ambang tersingkir menyamakan kedudukan menjadi 2-2 saat Kroasia hendak bersiap merayakan kemenangan. Pemain pengganti Belanda, Noa Lang, memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu dengan gol penyeimbang melalui tendangan voli enam menit injury time laga berjalan.

Delapan menit pada babak perpanjangan waktu, Kroasia kembali unggul. Pemain pengganti Bruno Petkovic mencetak gol dari luar kotak penalti. Sepakan kerasnya meluncur rendah ke pojok gawang, tidak terjangkau oleh Justin Bijlow.

Lang menyia-nyiakan sebuah peluang bagus pada babak kedua perpanjangan waktu. Ia melepaskan tendangan yang membentur tiang gawang dengan kiper Kroasia Dominik Livakovic sudah tidak berada di posisinya.

Hingga akhirnya Modric memastikan Belanda sulit kembali ke permainan melalui sepakan dari titik putih sekaligus tiket ke partai puncak pada Senin (19/6/2023) dini hari WIB.

Spanyol akan menghadapi Italia di semifinal lainnya di Kota Enschede, Jumat (16/6/2023) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement