Kamis 15 Jun 2023 07:36 WIB

Lolos ke Final UEFA Nations League, Zlatko Dalic: Ini Kemenangan Rakyat Kroasia

Kroasia harus menyelesaikan laga lewat perpanjangan waktu untuk menaklukkan Belanda.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Para pemain Kroasia merayakan gol ke gawang Belanda pada laga semifinal UEFA Nations League di Feyenoord.
Foto: EPA-EFE/KOEN VAN WEEL
Para pemain Kroasia merayakan gol ke gawang Belanda pada laga semifinal UEFA Nations League di Feyenoord.

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM -- Kroasia melaju ke final UEFA Nations League setelah mengalahkan Belanda 4-2 pada babak semifinal di Stadion Feyenoord, Rotterdam, Kamis (15/6/2023) dini hari WIB. Vatreni akan melawan pemenang laga Spanyol vs Italia di semifinal lainnya yang akan berlangsung pada Jumat (16/6/2023) dini hari WIB.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic mengatakan hasil ini merupakan kemenangan bagi rakyat Kroasia. Ia menegaskan mengalahkan Belanda di kandang mereka sendiri adalah kesuksesan besar. Maka dari itu, Dalic pun mengucapkan terima kasih kepada pemainnya yang berjuang di lapangan.

Baca Juga

“Kami memiliki medali lagi, ini tidak nyata tetapi kami pantas mendapatkannya. Ini adalah salah satu kemenangan Kroasia terbesar. Kebobolan gol pembuka di babak pertama, kemudian lagi pada menit ke-96, kemenangan ini pasti bersejarah,” ujar Dalic usai laga, dikutip dari laman resmi UEFA.

Kapten tim Luka Modric menambahkan, Kroasia memainkan pertandingan yang sangat brilian karena sesuai keinginan pelatih dan pemain. Meskipun dalam 20 menit pertama Modric mengakui permainan Kroasia belum stabil, tapi di matanya aksi timnya perlahan menjadi lebih baik.

Geladang Real Madrid berusia 37 tahun itu menilai setelah gol Andrej Kramajic, permainan Kroasia meningkat jauh lebih baik. Ia dan rekan-rekannya bermain pantang menyerah,

“Itu sangat hebat sekali. Sayang sekali kami kebobolan pada menit terakhir, tapi kemudian kami menunjukkan karakter lagi di perpanjangan waktu,” ujar Modric.

Belanda sempat unggul 1-0 pada babak pertama Donyel Malen. Kroasia menyamakan kedudukan di babak kedua melalui titik putih yang dieksekusi Kramaric. Mario Pasalic membawa Kroasia berbalik unggul sebelum gol telat Noa Lang pada injury time memaksa laga berlanjut ke babak perpanjang waktu karena skor imbang 2-2.

Kroasia tampil lebih baik di babak perpanjangan waktu. Mereka menambah dua gol lagi melalui Bruno Petkovic dan penalti Luka Modric untuk menyudahi kemenangan Kroasia 2-4.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement