Kamis 15 Jun 2023 20:44 WIB

Ini Kunci Fajar/Rian Lewati Adangan Ganda Putra Cina di Babak 16 Besar Indonesia Open

Fajar/Rian ditantang ganda putra India, Rankireddi/Setty, di babak perempat final.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto (kanan).
Foto: Republika/Prayogi
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, memastikan satu tiket babak perempat final Indonesia Open 2023. Di babak 16 besar, Fajar/Rian melewati adangan ganda putra asal Cina, Ren Xiang Yu/Tan Qiang, dua gim langsung, 21-14, 21-17, Kamis (15/6/2023).

Di laga yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, tersebut, Fajar/Rian tampil begitu percaya diri. Meski sempat mendapatkan perlawanan sengit dari Ren/Tan, Fajar/Rian tidak menemui kesulitan untuk bisa terus mengoleksi poin, terutama pasca-interval gim pertama.

Baca Juga

Sementara di gim kedua, unggulan pertama ganda putra di Indonesia Open 2023 itu terus melanjutkan dominasi. Empat poin awal berhasil direbut Fajar/Rian di awal gim kedua hingga akhirnya menutup interval gim kedua dengan keunggulan, 11-5. Pun di interval kedua gim kedua, Fajar/Rian terbukti masih terlalu tangguh buat peringkat 19 dunia tersebut.

Dengan kemenangan ini, Fajar/Rian menjaga rekor pertemuan dengan Ren/Tan. Di pertemuan sebelumnya, tepatnya di Singapura Open 2022, Fajar/Rian mampu membungkam Ren/Tan, 12-21, 21-15, 21-13. Pengalaman mengalahkan Ren/Tan itu ternyata menjadi modal buat Fajar/Rian mengulangi torehan serupa di babak 16 besar Indonesia Open 2023.

''Lawan sebenarnya bermain cukup baik. Mereka punya power, speed, dan defense yang baik. Namun, kami sebelumnya sudah pernah bertemu di Singapura Open tahun lalu. Jadi, sebelum main tadi, sudah diskusi dengan Fajar dan pelatih. Kemudian pas main, sudah bisa langsung in dan menerapkan strategi yang benar,'' kata Rian kepada wartawan usai laga, Kamis (15/3/2023).

Fajar/Rian ditantang ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddi/Chirag Setty, di babak perempat final Indonesia Open 2023. Kendati pernah bertemu sebelumnya, Fajar/Rian mengaku tidak mau menjadikan pengalaman menghadapi Rankireddi/Setty sebagai acuan untuk tampil di babak perempat final.

Pasalnya, Rankireddi/Setty dinilai terus mengalami perubahan gaya dan pola permainan. ''Kami terakhir ketemu dengan mereka sudah cukup lama. Mungkin sudah banyak perubahan juga. Jadi, kami akan mempelajari dulu dengan tim video dengan tim pelatih untuk strategi besok,'' kata Fajar.

Dengan keberhasilan melangkah ke babak perempat final Indonesia Open 2023, Fajar/Rian memperbaiki rekor penampilan di dua turnamen sebelumnya, tepatnya di Malaysia Masters 2023 dan Singapura Open 2023. Di dua turnamen tersebut, Fajar/Rian gagal melangkah ke babak kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement