Jumat 16 Jun 2023 10:24 WIB

PSSI Janjikan Argentina, Bukan Lionel Messi

PSSI tidak pernah menjanjikan Lionel Messi bertanding membela Argentina.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pemain Argentina Lionel Messi  Argentina melakukan tendangan saat pertandingan persahabatan sepak bola antara Argentina dan Australia di Beijing, Cina, Kamis (15/6/2023).
Foto: EPA-EFE/MARK CRISTINO
Pemain Argentina Lionel Messi Argentina melakukan tendangan saat pertandingan persahabatan sepak bola antara Argentina dan Australia di Beijing, Cina, Kamis (15/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar tentang absennya Lionel Messi dari skuad timnas Argentina untuk pertandingan melawan Indonesia pada ajang FIFA Matchday menghebohkan para penggemar sepak bola Tanah Air. Pasalnya, alasan antusiasme besar masyarakat Indonesia untuk menghadiri pertandingan Argentina versus Indonesia di antaranya karena daya pikat Lionel Messi.

Sebelumnya media Argentina, Vermouth Deportivo menyebut eks pemain Paris Saint-Germain (PSG) dan Barcelona tidak akan bergabung dengan skuad lantaran akan berlibur musim panas. Timnas Argentina sendiri baru saja memenangkan partai melawan Australia 2-0 pada laga yang dimainkan di Stadion Workers, Beijing, Cina.

Baca Juga

Kabar absennya Messi tersebut, ditambah belakangan Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi, membuat banyak penggemar kecewa dengan meramaikan lini media sosial menuntut menjual ataupun refund tiket ke panita pelaksana.

Pundit sepak bol Justinus Lhaksana menyebut ketum PSSI Erick Thohir tidak patut mendapat tekanan dan kekecewaan suporter Indonesia.

"Apakah Erick Thohir pernah mengatakan bahwa Lionel Messi akan main melawan Indonesia? Gak ada. Erick hanya bilang Argentina melawan timnas, jadi mau di refund apa?," kata pria yang akrab disapa Coach Justin dikutip dalam tayangan di Jebreeet Media TV.

Pria yang mengantongi lisensi kepelatihan dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) menegaskan, kesalahan tidak dilakukan PSSI melainkan dari ekspektasi publik.

"Membuat harapan tinggi dengan hadirnya Messi adalah salah dalam diri lu sendiri. Karena PSSI sudah mendatangkan Argentina sesuai janji awal," kata Coach Justin.

Pelatih Argentina Lionel Scaloni mengumumkan tidak akan membawa tujuh pemain juara Piala Dunia 2022 saat pertandingan FIFA Matchday melawan Australia dan Indonesia lantaran cedera hingga performa pemain.

Ketujuh pemain tersebut adalah kiper klub River Plate Franco Armani, bek klub Inggris Manchester United (MU) Lisandro Martinez, serta pemain belakang Villarreal Juan Foyth. Juga penyerang Sevilla Papu Gomez, striker Inter Milan Lautaro Martinez, winger AS Roma Paulo Dybala, dan pemain depan Atletico Madrid Angel Correa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement