Jumat 16 Jun 2023 17:23 WIB

Rinov/Pitha Tersingkir di Perempat Final, Pelatih: Mereka Sudah Tampil Maksimal

Indonesia sudah tidak memiliki wakil di sektor ganda campuran Indonesia Open 2023.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy (kiri) dan Pitha Haningtyas Mentari.
Foto: EPA-EFE/BAGUS INDAHONO
Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy (kiri) dan Pitha Haningtyas Mentari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, dipaksa mengakui keunggulan ganda campuran Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino, di babak perempat final Indonesia Open 2023. Menghadapi unggulan kedua Indonesia Open 2023 itu, Rinov/Pitha menyerah dua gim langsung, 11-21, 18-21, Jumat (16/6/2023).

Dengan hasil ini, Indonesia sudah tidak memiliki wakil di sektor ganda campuran di gelaran Indonesia Open 2023. Dari enam pasangan tuan rumah yang turun di sektor ganda campuran Indonesia Open 2023, Rinov/Pitha menjadi pasangan yang paling jauh melangkah di turnamen Super 1000 tersebut.

Baca Juga

Pelatih ganda campuran Indonesia, Amon Sunaryo, mengakui, meski kalah dari ganda campuran Jepang, Rinov/Pitha sudah berusaha menunjukkan performa maksimal.

''Hari ini, mereka sudah memberikan kemampuan maksimal, sudah full, walaupun hasilnya masih agak mengecewakan buat fans-fans Indonesia,'' kata Amon kepada wartawan pascalaga di Istora, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta (16/6/2023).

Tidak hanya itu, Anom juga memberikan apresiasi terhadap perjuangan Rinov/Pitha di Indonesia Open 2023. Dalam langkah menuju ke babak perempat final, peringkat ke-15 ganda campuran dunia itu mampu melewati adangan pasangan yang memiliki ranking berada di atasnya.

''Kemarin, mereka bisa menang melawan atlet yang peringkatnya lebih tinggi. Di babak pertama, kami bisa menang lawan ganda terbaik Prancis. Di babak kedua, kami mengalahkan Malaysia. Jadi, saya memberikan apresiasi,'' ujar Amon.

Di babak pertama Indonesia Ope 2023, Rinov/Pitha berhasil menyingkirkan ganda putra asal Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue, yang menempati peringkat ketujuh ganda campuran dunia. Sementara di babak 16 besar, Rinov/Pitha sukses mengalahkan ganda campuran asal Malaysia, Tan Kien Meng/Delphine Delrue.

Dalam langkah menuju babak perempat final Indonesia Open 2023 itu, Rinov/Pitha pun selalu memetik kemenangan dua gim langsung. Dengan keberhasilan melangkah ke babak perempat final, Rinov/Pitha memperbaiki capaian hasil usai gagal di babak kedua Singapura Open 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement