Jumat 16 Jun 2023 19:05 WIB

Taufik Hidayat: Air Mineral Pilihan Tepat untuk Bantu Jaga Performa dan Kebugaran Atlet

Air yang mengandung mineral essensial dapat mempengaruhi performa pebulu tangkis.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Mantan pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat, turut hadir di gelaran Indonesia Open 2023, Jumat (16/6/2023).
Foto: Republika/Fitriyanto
Mantan pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat, turut hadir di gelaran Indonesia Open 2023, Jumat (16/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh sangatlah penting bagi seorang atlet, terutama melalui air dengan mineral yang seimbang dan berkualitas. Air berkualitas bukan hanya mengembalikan fungsinya mengembalikan cairan tubuh tetapi harus mampu mencukupi kebutuhan mineral, terlebih lagi bagi seorang atlet.

"Air adalah salah satu selain makanan yang paling penting untuk menjaga kebugaran dan daya tahan atlet. Oleh karenanya penting bagi atlet untuk bukan hanya memenuhi angka kecukupannya, namun juga memperhatikan kualitas kandungannya," ujar mantan pebulu tangkis nasional Taufik Hidayat melalui keterangan tertulisnya, Jumat (16/6/2023). "Jangan sampai fungsinya hanya mengembalikan cairan tubuh, tapi juga harus mampu membantu mencukupi kebutuhan mineral. Hal ini sangat penting untuk menjaga performa dan kesehatan atlet."

Baca Juga

Taufik melanjutkan, air yang mengandung mineral essensial dapat mempengaruhi performa dan kesehatan pemain bulu tangkis. Seperti daya tahan, kecepatan, kekuatan, dan ketepatan gerakan. "Jumlah air mineral yang sebaiknya dikonsumsi oleh seorang atlet bulu tangkis dapat bervariasi tergantung pada intensitas latihan, suhu lingkungan, dan faktor individu lainnya," jelasnya.

Ketika ditanya pendapatnya mengenai air mineral Le Minerale yang menjadi official mineral water di Indonesia Open 2023, Taufik mengatakan, sebelum mencoba Le Minerale, ia merasa semua air mineral sama saja. Namun setelah mencoba Le Minerale, peraih medali emas Olimpiade Athena 2004 itu merasa Le Minerale adalah air mineral yang paling cocok.

"Pertama, saya merasa rasa segarnya beda dari yang lain, sangat membantu saya mengembalikan kesegaran. Selain itu saya juga menghargai kemurnian dan kualitas mineral dalam airnya. Seperti yang saya sebutkan di atas, kecukupan mineral sangat penting untuk menjaga kinerja tubuh atlet, dan karena air mineral adalah yang paling banyak kita konsumsi sehari-hari," kata Taufik.

Taufik menambahkan, air yang memiliki kualitas mineral seimbang, maka akan membantu terhadap kebutuhan tubuh dan kebugaran. "Tentu saja, saya juga memperhatikan bahwa air mineral yang saya konsumsi memenuhi standar kebersihan dan keamanan yang tinggi," imbuh pria kelahiran Bandung, 10 Agustus 1981 ini.

Sejalan dengan apa yang dirasakan oleh Taufik akan kesegaran dan kualitas mineral yang terkandung dalam sebotol Le Minerale, Head of Public Relations Le Minerale Yuna Eka Kristina memiliki penjelasannya. Ia menerangkan bahwa selain kandungan mineral essensial dalam Le Minerale, pengemasannya pun sangat diperhatikan agar manfaat mineral esensial tersebut dirasakan oleh para konsumen.

“Ketika kita mengkonsumsi Le Minerale akan terasa kesegaran tersendiri karena Le Minerale diproduksi dari sumber mata air terbaik pada kedalaman tertentu. Itu yang membuat kesegaran Le Minerale terasa berbeda,” ungkap Yuna.

 

Tidak sampai di situ, Yuna menjelaskan, pengemasan Le Minerale pun melalui tahapan khusus dengan teknologi yang mumpuni. Yuna melanjutkan, Le Minerale dikemas menggunakan tiga lapisan proteksi yang menjamin keamanan dan kualitas mineral yang terkandung di dalamnya. "Teknologi tersebut diciptakan agar konsumen Le Minerale dapat merasakan langsung manfaat saat mengkonsumi Le Minerale.”

Menyoal peluang para pebulu tangkis Indonesia menang di Indonesia Open 2023, Taufik Hidayat mengakui ajang tersebut adalah salah satu perhelatan bulu tangkis yang cukup kompetitif.

"Indonesia Open 2023 adalah kompetisi yang sangat kompetitif. Peluang Indonesia untuk meraih kemenangan bergantung pada persiapan, kemampuan pemain, dan dukungan dari penonton. Persaingannya sangat ketat, tetapi dengan semangat juang, fokus, dan dukungan yang kuat, saya yakin peluang Indonesia meraih kesuksesan di turnamen tersebut dapat terwujud," tegas Taufik Hidayat.

Mengenai kesuksesannya sebagai juara dunia dan peraih medali emas Olimpiade, suami dari Amy Gumelar ini mengatakan, ada beberapa faktor utama yang turut berkontribusi. Pertama, dedikasi dan kerja keras yang konsisten. Selain itu, lanjut dia, mentalitas dan kekuatan mental dengan belajar untuk mengatasi tekanan dan tantangan dalam pertandingan, menjaga fokus, dan mengendalikan emosi.

"Terakhir, disiplin menjaga kesehatan, termasuk menjaga nutrisi yang dibutuhkan atlet, salah satu yang paling penting adalah cairan tubuh dan mineral. Karena kebutuhan atlet berbeda dengan manusia lainnya, maka hal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan," kata Taufik Hidayat menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement