Jumat 16 Jun 2023 22:10 WIB

Tampil Nekat dan Berani, Anthony Ginting Lewati Adangan Jojo di Perempat Final

Kali pertama tampil di semifinal Indonesia Open merupakan pencapaian terbaik Ginting.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting
Foto: Republika/Prayogi
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, menjadi wakil pertama tuan rumah di babak semifinal Indonesia Open 2023. Ginting melewati adangan rekan senegaranya, Jonatan 'Jojo' Christie, di babak perempat final dengan keunggulan, 21-19, 21-16, Jumat (16/6/2023) malam WIB.

Saat memasuki poin kritis di gim pertama, tepatnya di angka 19, Jojo kehilangan ritme permainan dan gagal menambah angka. Kesempatan itu dimaksimalkan oleh Ginting dengan memetik lima poin secara beruntun. Tidak hanya berbalik unggul, Ginting pun merebut gim pertama, 21-19.

Baca Juga

Seperti halnya di gim pertama, Jojo memimpin raihan poin. Kendati begitu, secara perlahan, Ginting mampu meladeni permainam Jojo. Bahkan, tunggal putra peringkat dua dunia itu bisa berbalik unggul dan menutup interval pertama gim kedua dengan keunggulan tipis, 11-10.

Momentum ini mampu dilanjutkan Ginting pada interval kedua. Terus menekan Jojo dengan smes keras dan kecepatan tempo permainan, Ginting terus memimpin raihan poin. Gim kedua menjadi milik Ginting dengan skor, 21-16, usai shuttle cock hasil pengembalian Jojo tersangkut di net.

Menurut Ginting, keberhasilan merebut gim pertama, terutama saat berbalik unggul di poin kritis, menjadi salah satu kunci meraih kemenangan atas Jojo, yang menempati peringkat ketujuh tunggal putra dunia. Saat itu, Ginting mengaku mencoba tampil nekat dan lebih berani.

''Kuncinya mungkin di gim pertama itu. Waktu poin kritis di gim pertama, lebih berani dan lebih nekat. Jadi, itu mungkin yang bisa mendapat beberapa poin di saat kritis,'' kata Ginting kepada wartawan usai laga di Istora, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (16/6/2023).

Buat pebulu tangkis berusia 27 tahun itu, tampil di babak semifinal Indonesia Open 2023 merupakan pencapaian terbaik di sepanjang keikutsertaan di turnamen Super 1000. Di babak semifinal Indonesia Open 2023, Ginting ditantang tunggal putra asal Cina, Li Shi Feng.

Seolah tidak mau terbebani dengan kondisi tersebut, Ginting menegaskan, tidak mau memasang target muluk-muluk di gelaran Indonesia Open 2023. ''Saya tidak mau terlalu berpikir muluk-muluk dan terlalu panjang. Besok masih ada match, saya persiapan diri lebih baik lagi. Semoga bisa bermain baik lagi,'' jelas Ginting.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement