Sabtu 17 Jun 2023 06:04 WIB

Kane Perpanjang Rekor Gol di Timnas Inggris Saat Bekuk Malta di Kualifikasi Euro 2024

Inggris mengalahkan Malta 4-0 dalam laga kualifikasi Euro 2024.

Penyerang Inggris Harry Kane menjebol gawang Malta dari titik putih dalam laga kualifikasi Euro 2024.
Foto: EPA-EFE/Domenic Aquilina
Penyerang Inggris Harry Kane menjebol gawang Malta dari titik putih dalam laga kualifikasi Euro 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, TA'QALI -- Harry Kane mencetak gol ke-56 untuk Inggris saat mereka menggilas Malta 4-0 pada laga Grup C Kualifikasi Euro 2024 pada Sabtu (17/6/2023) dini hari WIB. Kemenangan ini membuat Inggris kukuh di puncak Grup C dengan 9 poin. Malta tidak beranjak dari posisi buncit tanpa meraih satu pun poin dari tiga pertandingan.

Sang striker menjadi pencetak gol terbanyak Inggris pada bulan Maret ketika ia melampaui catatan gol Wayne Rooney yang berjumlah 53. Kane menambah catatan golnya dalam pertandingan kompetitif dan tim asuhan Gareth Southgate mempertahankan rekor 100 persen untuk kualifikasi Euro 2024.

Baca Juga

Kane mencetak gol dari titik penalti pada menit ke-31 untuk membawa Inggris unggul 3-0 pada babak pertama di Ta' Qali National Stadium. The Three Lions sebelumnya sudah memimpin lewat gol bunuh diri Ferdinando Apap dan sebuah tendangan menakjubkan dari Trent Alexander-Arnold.

Ini menjadi gol ke-56 Kane dalam 83 laga berseragam timnas Inggris. Callum Wilson kemudian mencetak gol penalti kedua dalam pertandingan ini sekaligus menggenapkan skor kemenangan.

Inggris telah memenangkan tiga pertandingan pembuka mereka di Grup C, yang juga dihuni sang juara bertahan Eropa, Italia.

Inggris selalu diperkirakan akan menang dengan nyaman atas tim yang berada di peringkat 172 dunia. Mereka berada di jalur kemenangan sejak menit ke delapan ketika Ferdinando Apap memasukkan bola ke dalam gawangnya sendiri saat berada dalam tekanan Kane.

Alexander-Arnold, yang dalam laga ini dicoba bermain sebagai gelandang oleh Southgate, menambah keunggulan.

Southgate telah mengatakan bahwa ia akan memainkan sang pemain bertahan di posisi yang lebih maju karena absennya Jude Bellingham, yang baru saja menyelesaikan kepindahannya ke Real Madrid. Alexander-Arnold mengambil bola dari jarak sekitar 23 meter dan melepaskan tendangan yang tidak mampu ditepis oleh penjaga gawang Malta, Henry Bonello. Itu merupakan gol kompetitif pertamanya untuk Inggris.

"Ini tempat di mana saya bisa melihat diri saya bermain," kata Alexander-Arnold. "Saya ingin memastikan bahwa saya secara teratur masuk dalam daftar pemain dan hari ini merupakan fondasi yang baik untuk dibangun."

Kane dijatuhkan oleh Matthew Guillaumier di dalam kotak penalti dan dengan dingin mengonversi tendangan 12 pas. Penalti lainnya diberikan di menit-menit akhir setelah umpan silang Wilson mengenai tangan Steve Borg. Wilson mengeksekusi sendiri dan berhasil mencetak gol.

Berikut hasil lengkap pertandingan Kualifikasi Euro 2024 pada 16 dan 17 Juni:

 

Jumat 16 Juni 2023

Finlandia 2-0 Slovenia

 

Sabtu 17 Juni 2023

Malta 0-3 Inggris

Latvia 2-3 Turki

Makedonia Utara 2-3 Ukraina

Kosovo 0-0 Rumania

Yunani 2-1 Irlandia

Belarus 1-2 Israel

Wales 2-4 Armenia

Denmark 1-0 Irlandia Utara

Gibraltar 0-3 Prancis

San Marino 0-3 Kazakhstan

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement