Sabtu 17 Jun 2023 07:46 WIB

Southgate Puas Kemenangan Inggris dan Puji Peran Baru Alexander-Arnold

Trent Alexander-Arnold diposisikan sebagai gelandang Inggris dan mencetak gol.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pemain Inggris Trent Alexander Arnold (kiri) beraksi saat melawan Malta pada laga Grup C Kualifikasi Euro 2024.
Foto: AP Photo/Rene Rossignaud
Pemain Inggris Trent Alexander Arnold (kiri) beraksi saat melawan Malta pada laga Grup C Kualifikasi Euro 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, MALTA -- Pelatih Inggris Gareth Southgate terkesan dengan cara bermain timnya dalam pertandingan melawan Malta pada laga Grup C Kualifikasi Euro 2024. Inggris mengamankan kemenangan dengan skor telak 4-0 di Stadion Nasional Ta'Qali, Sabtu (17/6/2023) dini hari WIB.

"Sikap para pemain sepanjang pekan ini luar biasa dan mereka benar-benar melakukannya terutama pada setengah jam pertama," kata Gareth Southgate dilansir England Football.

Baca Juga

Tiga gol dalam 30 menit pertama menempatkan Inggris dalam kendali permainan ketika mereka berhasil mencatatkan kemenangan dalam tiga pertandingan terakhir di Kualifikasi Grup C. Keempat gol the Three Lions masing-masing dicetak oleh Trent Alexander-Arnold, Harry Kane, Callum Wilson dan gol bunuh diri pemain Malta Ferdinando Apap.

Southgate mengaku tidak heran setelah melihat intensitas permainan skuadnya. Di matanya, para pemainnya menunjukkan keinginan yang besar untuk bisa tampil baik dalam setiap pertandingan.

"Kualitas golnya sangat menyenangkan dan kami berhasil memasukkan pemain ke lapangan yang ingin kami lihat, jadi kami sangat senang," sambung Southgate.

Lebih lanjut, fokus utama dari laga melawan Malta adalah peran Trent Alexander-Arnold yang bermain di lini tengah dalam formasi 4-3-3 the Three Lions.

Pelatih berusia 52 tahun mendorong Alexander-Arnold lebih ke depan sebagai gelandang sayap kanan di depan bek kanan Kieran Trippier. Southgate pun tidak pernah merasa ragu dengan kualitas bek Liverpool itu.

"Dia bisa melakukannya. Itu sangat cocok dengan permainannya karena dia bisa melebar dan berada di semua area saat menyerang. Dia bersemangat tentang itu. Kami tahu kualitas yang bisa dia berikan dan itu memberi kami sesuatu yang berbeda," kata Southgate.

Berkat hasil ini Inggris sementara memimpin klasemen Grup C dengan koleksi nilai sembilan dari tiga kemenangan dan berada di atas Ukraina serta Italia. Selanjutnya Jack Grealish dan kawan-kawan akan berjumpa Makedonia Utara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement