Sabtu 17 Jun 2023 11:56 WIB

Alexis Mac Allister, Mutiara Lini Tengah Argentina dan Liverpool yang Siap Guncang GBK

Nama Alexis Mac Allister masyhur setelah tampil memikat di Piala Dunia 2022.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pemain Argentina Alexis Mac Allister (tengah)
Foto: AP Photo/Natacha Pisarenko
Pemain Argentina Alexis Mac Allister (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Alexis Mac Allister mulai menjadi buah bibir setelah Piala Dunia 2022. Ia bagian dari tim nasional Argentina yang menjadi kampiun di Qatar.

Mac Allister tak tergantikan di lini tengah Raksasa Amerika Selatan itu. Ia membuat sosok seperti Leandro Paredes yang lebih dulu dikenal berada di bangku cadangan.

Baca Juga

Gelandang energik ini lahir di Santa Rosa, La Pampa, Argentina pada 24 Desember 1998. Sejak kecil ia sudah menekuni olah si kulit bundar di lapangan hijau.

Pada 2011 sampai 2016, Mac Allister menimba ilmu di akademi Argentinos Junior. Setelahnya ia menembus tim utama klub tersebut. Total tiga tahun sang gelandang membela El Bicho. Selama periode tersebut, ia mencetak sembilan gol dari 60 pertandingan.

Ia lalu dibeli oleh klub Inggris Brighton and Hove Albion. Brighton masih meminjamkan gelandang tersebut ke Argentinos Junior, serta Boca Juniors. Sejak musim 2020/21, Mac Allister mulai benar-benar bermukim di Falmer Stadium.

Mac Allister langsung menjadi andalan the Seagulls. Gaya bermainnya cocok dengan pendekatan klub yang mengusung permainan menyerang dengan agresivitas tinggi.

Mac Allister lantas dipanggil pelatih timnas Argentina Lionel Scaloni untuk berjuang di Qatar. Aksinya mendapat sorotan lebih. Meskipun bukan kategori pemain bintang kala itu, Mac Allister justru menunjukkan peran signifikan bersama Tim Tango. Tak heran ia kemudian dihubung-hubungkan dengan sejumlah klub besar.

Pada Piala Dunia FIFA 2022, Alexis Mac Allister bermain dalam 6 pertandingan. Ia mencatatkan 4 tembakan tepat sasaran dari total 7 tembakan dan mencetak 1 gol (1,01 xG). Alexis Mac Allister rata-rata melepaskan 46 operan per pertandingan dengan tingkat penyelesaian operan sebesar 89 persen, dan menorehkan 1 assist. Alexis Mac Allister menerima 0 kartu kuning dan 0 kartu merah, dikutip dari catatan statistik Infogol

Sekembalinya dari Piala Dunia, ia berada di level berbeda. Popularitasnya membubung tinggi, diiringi geliatnya di lapangan hijau yang makin mentereng. Sekitar enam bulan setelahnya, Mac Allister kini bergabung dengan Liverpool.

Musim 2022/23 baru saja berakhir. Sebelum benar-benar terlibat di klub barunya, sang gelandang dalam tugas kenegaraan. Ia bagian dari skuad tim Tango yang menuju Jakarta. Argentina akan berhadapan dengan tuan rumah Indonesia dalam uji coba internasional di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Senin (19/6/2023). Akan menarik menyaksikan para gelandang timnas Indonesia menghentikan aksi Mac Allister.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement