Sabtu 17 Jun 2023 14:22 WIB

Emiliano Martinez Kiper Nomor Wahid Argentina yang Siap Tahan Gempuran Rafael Struick

Martinez jadi pahlawan Argentina pada final Piala Dunia 2022.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Ketum PSSI Erick Thohir (tengah) menyambut kedatangan pemain Timnas Argentina Emiliano Martinez setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (16/6/2023). Timnas sepak bola Indonesia akan bertanding melawan Argentina dalam laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Senin (19/6/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Ketum PSSI Erick Thohir (tengah) menyambut kedatangan pemain Timnas Argentina Emiliano Martinez setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (16/6/2023). Timnas sepak bola Indonesia akan bertanding melawan Argentina dalam laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Senin (19/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Argentina dilaporkan sudah mendarat di Indonesia untuk melakoni pertandingan melawan Indonesia pada ajang FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023) malam WIB. Sederet bintang level dunia yang berlaga di berbagai klub ternama bakal merumput di Tanah Air. 

Meski dipastikan tanpa kehadiran Lionel Messi, beberapa nama penting juga layak untuk dinantikan para penggemar. Salah satunya kiper utama timnas Argentina Emiliano Martinez berada dalam pada pertandingan melawan tim Garuda.

Baca Juga

Emiliano Martinez Romero, nama lengkapnya, lahir pada 2 September 1992 di Mar del Plata, Argentina. Kariernya sebagai pesepak bola profesional dimulai ketika dirinya bergabung dengan klub pemuda CA Independent di tahun 2008. Setelah dua tahun mengasah bakat bersama CA Independent, di tahun 2010 Emiliano Martinez hijrah ke klub muda Arsenal FC.

Sementara bersama timnas Argentina Martinez sudah bergabung sejak 2021 dan tercatat sudah memainkan 29 penampilan membela Albiceleste.

Pemain yang memiliki sapaan akrab Dibu itu menjadi salah satu pemain yang turut membawa Argentina juara Piala Dunia 2022. Peran kiper Aston Villa itu cukup krusial selama pesta sepak bola empat tahunan tersebut.

Martinez merupakan kiper nomor satu di bawah pelatih Lionel Scaloni, yang mempercayakan mantan kiper Arsenal tersebut sejak 2021.

Pada gelaran Piala Dunia 2022 kemarin Emiliano Martinez berhasil meraih penghargaan Sarung Tangan Emas berkat performa apiknya. Penyelamatannya dari upaya pemain Prancis Randal Kolo Muani pada detik-detik akhir babak kedua perpanjangan waktu menghindarkan Argentina dari kebobolan dan memaksa laga dituntaskan lewat adu penalti.

Saat adu penalti, ia menggagalkan tendangan Kingsley Coman untuk membawa Argentina menang 4-2. Aksi ini melanjutkan keperkasaannya yang juga menjadi pahlawan dalam adu penalti kontra Belanda di perempat final. Secara keseluruhan, portiere 30 tahun itu tampil sebanyak tujuh kali dan mencatatkan tiga clean sheet di Qatar.

Martinez bergabung dengan Aston Villa pada musim panas 2020 dari Arsenal dengan biaya transfer sekitar 20 juta pounds memiliki sisa kontrak empat tahun dengan klub asal Midland. Ia juga ditaksir oleh beberapa tim elite Eropa seperti Bayern Muenchen, Chelsea dan Manchester United.

Martinez siap menahan gempuran para pemain timnas Indonesia pada Senin nanti. Penyerang Indonesia Rafael Struick harus mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk menjebol gawang Martinez.

Argentina saat ini berkekuatan 24 pemain dalam lawatan ke Indonesia. Tanpa Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi, Albiceleste masih didukung individu-individu dengan pengalaman merumput di Eropa seperti Nahuel Molina, Nicolas Tagliafico, Marcos Acuna, Leandro Paredes, Rodrigo De Paul, dan Giovani Lo Celso.

Selain itu ada pula pemain muda yang bisa menjadi andalan Argentina pada masa depan seperti Alejandro Garnacho, Facundo Buonanotte, Enzo Fernandez, dan Julian Alvarez.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement