Senin 19 Jun 2023 08:46 WIB

Selepas Juara Nations League, Pelatih Spanyol Yakin akan Lebih Banyak Raih Gelar

Trofi pertama Spanyol sejak Euro 2012 juga memberi dorongan semangat De la Fuente.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Spanyol, Luis de la Fuente.
Foto: EPA-EFE/JUAN CARLOS HIDALGO
Pelatih timnas Spanyol, Luis de la Fuente.

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM -- Pelatih timnas Spanyol Luis de la Fuente berharap timnya kembali ke jalur kemenangan setelah meraih gelar juara UEFA Nations League. Spanyol mengamankan trofi internasional pertama negara itu lebih dari satu dekade terakhir melalui kemenangan adu penalti melawan Kroasia, Senin (19/6/2023) dini hari WIB.

"Para pemain ini sudah terbiasa dengan kemenangan," kata De la Fuente kepada para wartawan, dikutip Reuters, Senin (19/6/2023). "Mereka telah memenangkan begitu banyak hal selama ini dan hal ini dapat terus berlanjut. Saya pikir semangat kompetitif ini telah kembali dan kami dapat berharap untuk memenangkan lebih banyak lagi."

Baca Juga

Trofi pertama Spanyol sejak Euro 2012 juga memberikan dorongan semangat bagi De la Fuente karena ia berada di bawah tekanan setelah kalah dalam pertandingan keduanya sebagai pelatih dengan skor 0-2 melawan Skotlandia di kualifikasi Euro 2024 pada Maret 2023.

Kekalahan mengejutkan tersebut terjadi setelah Piala Dunia 2022 Qatar yang mengecewakan di bawah asuhan pelatih sebelumnya, Luis Enrique. Juara Piala Dunia 2010 itu dikalahkan Maroko di babak 16 besar.

"Saya mengenal generasi pemain ini dengan sangat baik dan saya tahu mereka tidak akan mengecewakan saya," kata De La Fuente menjelaskan. "Kami sangat santai sepanjang pekan ini dan menikmati sesi latihan kami."

Sang pelatih mengatakan, kerja keras ini terbayar saat hasil imbang tanpa gol yang menegangkan di Feyenoord Stadium di Rotterdam. Kedua tim menyia-nyiakan berbagai peluang untuk meraih kemenangan.

"Saya mengatakan kepada mereka untuk tetap tenang karena mereka telah melakukan pekerjaan brilian. Kami seharusnya layak memenangkan laga lebih awal, tetapi ini membuat kemenangan tersebut menjadi lebih epik," ujar De la Fuente menegaskan. "Saya akan tetap senang meskipun kami tidak menang malam ini, tetapi kemenangan ini menambah nilai plus dan tentu saja membuat semua orang lebih bahagia."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement