Senin 19 Jun 2023 14:11 WIB

Timnas Indonesia VS Argentina, Penonton Diimbau Gunakan Transportasi Umum

Imbauan ini untuk mengantispasi penumpukan kendaraan yang parkir di Senayan.

Rep: Ali Mansur/ Red: Endro Yuwanto
Sejumlah calon penonton FIFA Matchday antara Indonesia vs Argentina mengantre untuk menukarkan tiket di Wisma Serbaguna GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/6/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah calon penonton FIFA Matchday antara Indonesia vs Argentina mengantre untuk menukarkan tiket di Wisma Serbaguna GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polisi mengimbau kepada penonton laga tim nasional (timnas) Indonesia melawan timnas Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2023) untuk menggunakan transportasi umum. Rencananya, laga bergengsi bagi skuad Garuda itu dimulai pukul 19.30 WIB.

“Untuk penonton menggunakan angkutan umum, kan ada MRT, busway kita manfaatkan. Silakan untuk memaksimalkan sehingga parkir tidak sulit,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada awak media, Senin (19/6/2023).

Baca Juga

Menurut Latif, imbauan ini dilakukan untuk mengantispasi penumpukan kendaraan yang parkir di kawasan SUGBK dan Senayan pada Senin (19/6/2023). Kemudian juga untuk mengantisipasi kepadatan dari kapasitas parkir yang tersedia. Mengingat diprediksi bakal ada puluhan ribu penonton yang memadati SUGBK.

“Kantong parkir kami maksimalkan yang di GBK nanti kalau memang melihat situasi, kita lihat situasi. Tapi mudah-mudahan penonton menggunakan angkutan umum, kita sarankan,” kata Latif.

Selain itu, Latif juga menyarankan agar masyarakat di luar penonton pertandingan tersebut untuk menghindari kawasan sekitar SUGBK atau Senayan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kepadatan dan kemacetan lalu-lintas di kawasan tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan para penonton mulai berdatangan sajak sore hari.

“Untuk menghindari kawasan GBK tentunya, karena saat jam tersebut terjadi kepadatan orang yang menuju GBK menyaksikan pertandingan sepak bola,” kata Latif.

Lebih lanjut, demi mengamankan lalu lintas di kawasan Senayan, kata Latif, pihaknya telah menyiapkan personel untuk melakukan pengamanan ataupun pengaturan lalu lintas. Untuk itu, ia juga berharap agar masyarakat bisa untuk mengantisipasi dengan datang lebih awal atau pulangnya lebih malam.

“Pada saat mau mulai dan saat bubarannya. Mulai pukul 19.00 WIB, diperkirakan pukul empat atau lima sore, penonton sudah mulai berdatangan dan selesai sekitar pukul 21.00 WIB,” jelas Latif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement