Selasa 20 Jun 2023 09:14 WIB

Bingkai Bola Saat Cetak Hattrick untuk Inggris, Bukayo Saka: Saya akan Ingat Seumur Hidup

Saka akan mengenang hattrick pertama dalam kariernya sepanjang hidup.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Striker timnas Inggris Bukayo Saka melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Makedonia Utara pada laga Grup C kualifikasi Euro 2024, Selasa (20/6/2023) dini hari WIB.
Foto: Tim Goode/PA via AP
Striker timnas Inggris Bukayo Saka melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Makedonia Utara pada laga Grup C kualifikasi Euro 2024, Selasa (20/6/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyerang Arsenal dan timnas Inggris, Bukayo Saka, mengatakan, ia akan mengenang hattrick pertama dalam kariernya, sepanjang hidup. Ia mencetak hattrick saat Inggris melumat Makedonia Utara 7-0 dalam pertandingan Grup C kualifikasi Euro 2024, Selasa (20/6/2023) dini hari WIB.

 

Baca Juga

Meskipun keluar dari lapangan setelah hanya 45 menit bermain dalam kemenangan 4-0 atas Malta pada hari Jumat (16/6/2023) karena mengalami cedera, Saka dinyatakan fit untuk tampil sebagai starter di Old Trafford. Ia melengkapi formasi tiga pemain depan yang menakutkan bersama Harry Kane dan Marcus Rashford.

Pemain berusia 21 tahun itu sebelumnya hanya mencetak satu gol untuk Inggris dalam kemenangan pembuka di Piala Dunia 2022 atas Iran. Ia pun belum pernah membawa pulang bola dari pertandingan bersama Arsenal.

Namun, Saka hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk menggetarkan gawang Makedonia Utara tiga kali saat melawan tim tamu, melengkapi hattrick perdananya hanya dalam waktu 51 menit sebelum keluar lapangan dengan tepuk tangan meriah dari para penggemar dan rekan setimnya.

Dengan demikian, Saka menjadi pemain Arsenal pertama sejak Theo Walcott melawan Kroasia pada tahun 2008 yang mencetak hattrick untuk Inggris. Ia berencana untuk membingkai bola pertandingannya setelah beberapa hari menyimpannya di bawah lengannya.

"Saya akan mengingatnya sepanjang hidup saya. Ini adalah malam yang istimewa, kemenangan besar dan hattrick pertama saya, ini sangat istimewa," kata Saka kepada BBC Radio 5 Live, Selasa. "Saya mungkin akan membingkai bola pertandingan, tetapi mungkin akan memeluknya terlebih dahulu selama beberapa hari."

Saka mengaku tidak ingat kapan terakhir kali mencetak tiga gol dalam sebuah laga, bahkan di level junior. "Ini adalah catatan gol yang bagus (11 gol dalam 28 pertandingan di Inggris) tetapi selalu ada ruang untuk peningkatan. Setelah pertandingan ini, sekarang saatnya untuk liburan," ujarnya.

Harry Kane dengan dua gol, Kalvin Phillips dan Marcus Rashford juga menggetarkan jala gawang lawan dalam kemenangan telak bagi Inggris. Skuad Tiga Singa tetap berada di puncak klasemen Grup C dengan 12 poin dari empat pertandingan, unggul enam poin dari tim peringkat kedua Ukraina.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement