Selasa 20 Jun 2023 13:36 WIB

Marcus Rashford Hampir Setujui Kontrak Baru di MU Senilai Rp 1,9 Triliun

Rashford menghidupkan kembali kariernya di bawah asuhan pelatih MU Erik ten Hag.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Manchester United Erik ten Hag bersama strikernya, Marcus Rashford (kiri).
Foto: EPA-EFE/Adam Vaughan
Pelatih Manchester United Erik ten Hag bersama strikernya, Marcus Rashford (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Marcus Rashford dikabarkan hampir menyepakati perpanjangan kontrak baru dengan Manchester United (MU) yang bernilai hingga 100 juta poundsterling atau sekira Rp 1,9 triliun. Pemain berusia 25 tahun itu telah menghidupkan kembali kariernya di bawah asuhan pelatih Erik Ten Hag dengan kontribusi 30 gol dan 11 assist dalam 56 pertandingan di semua kompetisi selama musim 2022/2023.

Rashford mencetak 17 gol dalam 35 pertandingan Liga Primer Inggris, sementara ia juga memainkan peran utama dalam kemenangan Man United di EFL Cup (Piala Liga), mencetak enam gol dalam perjalanannya ke final.

Baca Juga

Pemain internasional Inggris itu sebelumnya mengalami musim 2021/2022 yang mengecewakan dan dikaitkan dengan kemungkinan keluar dari Old Trafford di tengah ketertarikan dari Paris Saint-Germain (PSG).

Namun, Rashford sejak saat itu telah memantapkan dirinya sebagai pemain bintang di bawah asuhan Ten Hag. Sang penyerang pun diharapkan untuk berkomitmen pada masa depannya di klub.

Rashford, yang telah bergabung dengan Iblis Merah sejak usia tujuh tahun, akan berakhir kontraknya pada musim panas 2024. Namun, The Mirror dilansir Sportskeeda, Selasa (20/6/2023), melaporkan bahwa pemain jebolan akademi MU tersebut siap untuk menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun, dengan opsi satu tahun lagi. Ia akan melampaui David de Gea sebagai pemain dengan gaji tertinggi di klub.

Rashford diketahui mendapatkan upah pekanan sebesar 200 ribu poundsterling atau sekira Rp 3,8 miliar di bawah persyaratan saat ini, tetapi kesepakatan barunya akan membuatnya mengantongi sekitar 375 ribu poundsterling atau sekira Rp 7,2 miliar per pekan.

De Gea saat ini mendapatkan jumlah yang sama setiap pekannya, namun penjaga gawang asal Spanyol tersebut terlihat semakin berpeluang untuk meninggalkan Old Trafford karena kontraknya akan berakhir pada akhir Juni ini.

Pemain berusia 32 tahun itu telah dimasukkan dalam daftar pemain yang akan dilepas Man United, tapi Iblis Merah telah mengonfirmasi bahwa diskusi tetap terbuka dengan sang kiper mengenai kemungkinan perpanjangan kontrak.

Man United ingin menegosiasikan kontrak jangka panjang untuk De Gea dan mengurangi gajinya secara signifikan, tapi pembicaraan antara kedua belah pihak belum mencapai kesimpulan yang positif.

Sementara, Rashford telah menjadi pemain senior di Man United selama tujuh tahun terakhir, De Gea adalah pemain terlama di ruang ganti Iblis Merah yang telah membuat lebih dari 500 penampilan dalam 12 musim terakhir.

Dengan Rashford di ambang penandatanganan kontrak baru, Man United memiliki delapan pemain lain yang akan habis masa kontraknya pada Juni 2024, termasuk kuartet tim utama Anthony Martial, Fred, Aaron Wan-Bissaka, dan Victor Lindelof.

Tom Heaton, Brandon Williams, Teden Mengi, dan Alvaro Fernandez, yang terakhir menghabiskan musim lalu sebagai pemain pinjaman di Preston North End, juga akan melihat kesepakatannya berakhir dalam beberapa tahun mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement