Rabu 21 Jun 2023 04:30 WIB

Timnas Jerman Suram, Dikalahkan Kolombia di Kandang Sendiri pada Laga Persahabatan

Jerman hanya memenangi tiga dari 11 pertandingan terakhir mereka.

Para pemain Jerman berjalan lesu setelah dikalahkan Kolombia 0-2 dalam laga persahabatan internasional di Veltins Arena, Rabu (21/6/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL
Para pemain Jerman berjalan lesu setelah dikalahkan Kolombia 0-2 dalam laga persahabatan internasional di Veltins Arena, Rabu (21/6/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, GELSENKIRCHEN  -- Jerman menunjukkan penampilan mengkhawatirkan dalam persiapan menjadi tuan rumah Euro 2024. Terbaru, Die Mannschaft menelan kekalahan 0-2 di kandang sendiri dari Kolombia dalam pertandingan persahabatan Rabu (21/6/2023) dini hari WIB.

Gol sundulan Luis Diaz pada menit ke-54 dan penalti Juan Cuadrado pada menit ke-82 memberi tim tamu kemenangan pertama mereka atas Jerman, yang sempat dicemooh pada menit-menit akhir, di Veltins Arena, Gelsenkirchen.

Baca Juga

Jerman, yang memiliki waktu kurang dari satu tahun untuk membangun tim yang siap bertempur di turnamen kontinental, membutuhkan dua gol pada menit-menit akhir untuk bermain imbang 3-3 atas Ukraina pekan lalu, sebelum kalah 0-1 dari Polandia pada Sabtu dini hari WIB.

Juara dunia empat kali ini hanya memetik satu kemenangan dari lima pertandingan terakhir mereka sejak tersingkir dari fase grup Piala Dunia, Desember tahun lalu. Mereka juga hanya memenangkan tiga dari 11 pertandingan terakhir mereka.

Kolombia terlihat jauh lebih haus akan serangan, memaksa penjaga gawang Jerman, Marc Andre ter Stegen, untuk melakukan beberapa penyelamatan gemilang pada babak pertama. Sedangkan pemain berusia 21 tahun asal Jerman, Malick Thiaw, tampil sangat impresif di lini pertahanan.

Tuan rumah memiliki lebih dari 65 persen penguasaan bola, tapi tidak mampu melepaskan satu pun tendangan ke arah gawang pada sepanjang babak pertama. Mereka sering kali kesulitan untuk memainkan bola di daerah pertahanan sendiri.

Kolombia memimpin setelah pemain Jerman, Emre Can, kehilangan penguasaan bola dan Cuadrado memberikan umpan silang yang ditanduk oleh Diaz melewati Ter Stegen.

Tuan rumah menaikkan tempo permainan, tapi masih terlihat rentan di lini belakang. Masuknya sang penyerang tengah, Niclas Fuellkrug, tidak banyak membantu di lini depan. Sebuah handball dari Joshua Kimmich memberikan tim tamu kesempatan untuk menggandakan keunggulan mereka, dengan Cuadrado mencetak gol dari titik putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement