Rabu 21 Jun 2023 07:42 WIB

Hadiah Rp 5 Miliar untuk Juara Liga 1 2023/2024 Dianggap tak Ada Apa-Apanya, Kok Bisa?

Diperkirakan, klub-klub Liga 1 akan meraih banyak keuntungan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
PSM Makassar Juara Liga 1 2022/2023. Musim depan, hadiah untuk juara Liga 1 musim depan mencapai Rp 5 miliar.
Foto: ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/YU
PSM Makassar Juara Liga 1 2022/2023. Musim depan, hadiah untuk juara Liga 1 musim depan mencapai Rp 5 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Liga Indonesia Baru menjanjikan hadiah sebesar Rp 5 miliar untuk juara Liga 1 2023/2024 yang akan ditentukan melalui format Championship Series. Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus mengatakan selain dari subsidi, klub juga akan mendapatkan lebih banyak pundi-pundi uang dengan sistem yang baru ini.

Seperti diketahui, kompetisi musim 2023/2024 akan menggunakan format yang sangat berbeda yakni dengan format kompetisi reguler hingga akhir musim, kemudian menggelar Championship Series untuk empat peringkat teratas untuk memperebutkan gelar juara.

Baca Juga

Ferry yang kembali terpilih sebagai Direktur Utama PT LIB dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diselenggarakan di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (20/6/2023) mengatakan jaminan kepastian jadwal kompetisi selama satu musim ke depan memberikan dampak signifikan dari kenaikan nilai jual hak komersial kompetisi tersebut. 

Menurut Ferry, hadiah Rp 5 miliar yang dijanjikan untuk peraih gelar juara mungkin tidak apa-apanya jika dibandingkan dengan apa yang akan didapatkan oleh klub dari beberapa variabel lain. Ia menyebut ada tiga variabel berbeda yang akan menentukan besaran pendapatan masing-masing klub.

Pertama adalah rating and share dari siaran pertandingan masing-masing klub. Di mana jumlah penonton akan menentukan pendapatan klub. Selanjutnya adalah sporting merit atau pendapatan klub sesuai dengan klasemen akhir, dan terakhir adalah lisensi klub, yakni jatah yang disediakan LIB untuk klub yang memiliki lisensi.

Dengan semua variabel itu, menurut Ferry apa yang akan didapatkan oleh klub akan lebih besar dari fix kontribusi yang didapatkan oleh klub. Ferry juga menyebut subsidi yang akan didapat secara merata oleh semua klub peserta akan lebih besar dari musim sebelumnya. "Sehingga pundi-pundi finansial benar-benar bisa tiga kali dari fix kontribusi yang didapat," kata Ferry saat konferensi pers, Selasa (20/6/2023).

"Jadi musim depan, klub-klub akan mendapatkan manfaat yang luar biasa," ujarnya menambahkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement