Rabu 21 Jun 2023 09:16 WIB

Genggam Rekor Baru di Kancah Sepak Bola Internasional, Ronaldo: Saya Belum Mau Berhenti

Cristiano Ronaldo tercatat sudah 20 tahun membela timnas Portugal.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, berselebrasi setelah mencetak gol pada pertandingan kualifikasi Euro 2024.
Foto: EPA-EFE/JOSE SENA GOULAO
Bintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, berselebrasi setelah mencetak gol pada pertandingan kualifikasi Euro 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, REYKJAVIK -- Cristiano Ronaldo tampil sebagai pahlawan kemenangan Portugal kala mengempaskan Islandia, 1-0, di lanjutan penyisihan Grup J Kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024, Rabu (21/6/2023) dini hari WIB. Laga di Stadion Laugardalsvollur itu sekaligus menandai torehan spesial pemilik lima gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) tersebut.

Laga itu menjadi partai ke-200 Ronaldo bersama timnas Portugal. Pemain berusia 38 tahun itu menjadi satu-satunya pesepak bola pria di sepanjang sejarah yang mampu mencatatkan caps hingga mencapai 200 pertandingan untuk tim nasional di semua ajang.

Baca Juga

Atas torehan rekornya ini, Ronaldo pun mendapatkan pengakuan dan plakat penghargaan dari Guinnes Book of Record pada awal laga. Bintang asal klub Arab Saudi, Al Nassr, itu pun melengkapi tonggak sejarah dengan mencetak gol kemenangan Portugal atas Islandia, tepatnya pada menit ke-89.

''Benar-benar bahagia. Bisa mencatatkan 200 caps adalah torehan yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Ini pencapaian luar biasa, tentu saja semakin spesial, karena saya bisa mencetak gol,'' kata Ronaldo seusai laga seperti dilansir UEFA, Rabu (21/6/2023).

Ronaldo, yang melakoni debut bersama timnas Portugal senior pada 18 Desember 2003 dalam usia 18 tahun, tercatat sudah 20 tahun membela Portugal. Selama periode tersebut, Ronaldo pun memecahkan berbagai rekor.

Tidak hanya menjadi pengoleksi caps terbanyak sepanjang sejarah timnas Portugal, Ronaldo juga menajamkan rekor sebagai top skorer sepanjang masa timnas Portugal dengan koleksi 123 gol.

Selama memperkuat timnas Portugal, mantan bintang Real Madrid itu telah mempersembahkan satu trofi Piala Eropa, tepatnya Euro 2016, dan satu gelar juara UEFA Nations League pada musim 2018/2019. Pun dengan berbagai rekor individu di pentas sepak bola internasional.

Pada Maret 2023, Ronaldo telah memecahkan rekor caps terbanyak di pentas sepak bola internasional saat melakoni laga ke-197, tepatnya saat Portugal menghadapi Leichsteinten. Mantan bintang Real Madrid itu melewati rekor milik pemain timnas Kuwait, Bader Al Mutawa, yang tampil di 197 laga di semua ajang.

Pun dengan keberhasilan Ronaldo melampaui rekor pengoleksi caps terbanyak di antara para pemain di Eropa, tepatnya saat melampaui rekor 180 caps Sergio Ramos bersama timnas Spanyol pada 2020 silam. Kendati begitu, Ronaldo menegaskan, belum mau berhenti untuk terus memberikan kontribusi buat timnas Portugal.

Bahkan, mantan bintang Juventus dan Manchester United itu masih memiliki target lain dalam hal torehan rekor individu. ''Saya belum mau berhenti dan ingin terus melanjutkan (kiprah bersama timnas Portugal). Saya masih bisa memberikan sesuatu buat tim ini. Saya ingin menjadi pemain pertama yang mencatatkan 200 kemenangan untuk tim nasional,'' ujar Ronaldo seperti dilansir SportsMole.

Dengan tambahan satu gol di laga kontra Islandia, Ronaldo tercatat telah mencetak lima gol di empat laga awal penyisihan Grup J Kualifikasi Piala Eropa 2024. Portugal pun memuncaki klasemen sementara Grup J dengan rekor kemenangan 100 persen, empat kemenangan dari empat laga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement