Selasa 20 Jun 2023 10:47 WIB

Di Ambang Torehan Rekor Baru, Ronaldo Kian Termotivasi

Mengoleksi 200 caps buat Portugal akan jadi tonggak sejarah penting bagi Ronaldo.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bintang Al Nassr dan timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.
Foto: AP/Armando Franca
Bintang Al Nassr dan timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, REYKJAVIK -- Cristiano Ronaldo berpeluang besar menorehkan rekor baru saat timnas Portugal menyambangi Islandia di lanjutan penyisihan Grup J Kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024, Rabu (21/6/2023) dini hari WIB. Jika diturunkan di laga tersebut, pemain berusia 38 tahun itu akan menjadi pesepak bola pertama yang mencatatkan 200 caps di pentas sepak bola internasional.

Sejak memulai debut bersama timnas Portugal senior pada 2003 silam, Ronaldo tercatat telah mengemas 199 caps. Selama periode tersebut, pengoleksi lima gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) itu telah mempersembahkan satu gelar juara Piala Eropa, tepatnya Euro 2016, dan satu trofi UEFA Nations League musim 2018/2019.

Baca Juga

Ronaldo menyatakan, bisa mengoleksi 200 caps buat timnas Portugal akan menjadi tonggak sejarah penting buat dirinya. Mantan bintang Real Madrid itu pun tidak pernah menyangka sudah begitu dekat dengan koleksi 200 caps bersama timnas Portugal.

''Ini memiliki arti yang besar. Bakal melakoni laga ke-200, saya menjadi orang pertama di sepanjang sejarah yang bisa melakukannya. Saya tidak pernah menyangka bisa meraihnya. Namun, saya harus bisa terus melanjutkan dan masih bisa memberikan kontribusi,'' kata Ronaldo seperti dikutip ESPN, Selasa (20/6/2023).

Mantan bintang Manchester United dan Juventus itu menegaskan, tidak memiliki obsesi yang berlebihan dengan torehan rekor anyar. Sebaliknya, di sepanjang kariernya sebagai pesepa kbola hingga saat ini, Ronaldo menilai, selalu diikuti oleh torehan rekor anyar.

''Sejujurnya, saya tidak mengikuti rekor-rekor itu, tapi mereka yang mengikuti saya. Namun, saya cukup bahagia. Itu juga bisa menjadi motivasi tambahan buat saya untuk terus bersaing di level tertinggi bersama tim nasional,'' ujar Ronaldo.

Saat ini, Ronaldo masih menggenggam sejumlah rekor impresif di pentas sepak bola internasional. Tidak hanya menjadi pemain dengan koleksi caps terbanyak buat timnas Portugal, Ronaldo juga menjadi pemain dengan koleksi gol terbanyak sepanjang sejarah di level internasional. Begitu pula dengan rekor impresif Ronaldo kala tampil di turnamen major.

Ronaldo masih menjadi satu-satunya pemain yang tampil dan mencetak gol di lima edisi berbeda Piala Eropa. Begitu pula dengan rekor Ronaldo sebagai pemain pertama yang berhasil merumput dan mencetak gol di lima edisi berbeda Piala Dunia. Menilik deretan rekor ini, Ronaldo pun sedikit sesumbar.

''Rekor apa lagi yang belum?'' kata Ronaldo sembari tertawa.

Kendati begitu, Ronaldo menegaskan, torehan rekor ini hanya sebagai pelengkap dari upayanya untuk bisa menberikan kontribusi maksimal buat timnas Portugal.

''Saya tahu, ada beberapa rekor yang saya genggam. Namun, hal yang paling saya inginkan adalah meraih kemenangan dan mengantarkan tim ini ke putaran final Piala Eropa (2024),'' jelas pemain yang merumput buat Al Nassr di Liga Arab Saudi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement