Rabu 21 Jun 2023 18:22 WIB

Pelatih Timnas Portugal Roberto Martinez: Kami Layak Raih Kemenangan Atas Islandia

Portugal kini di peringkat pertama kualifikasi Grup J Euro 2024 dengan 12 poin.

Pelatih timnas Portugal, Roberto Martinez.
Foto: EPA-EFE/MIGUEL A. LOPES
Pelatih timnas Portugal, Roberto Martinez.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional (timnas) Portugal Roberto Martinez menyebut kemenangan tipis 1-0 timnya ketika tandang ke markas timnas Islandia pada lanjutan kualifikasi Grup J Euro 2024 Jerman di Stadion Laugardalsvoellur, Rabu (21/6/2023) WIB, adalah kemenangan yang pantas didapatkan.

Gol Portugal melalui Cristiano Ronaldo pada menit ke-89 tercetak setelah satu pemain Islandia Willum Thor Willumsson terkena kartu merah pada menit ke-81. Kemenangan ini membawa Ronaldo dan kawan-kawan duduk di peringkat pertama kualifikasi Grup J Euro 2024 dengan 12 poin dari empat pertandingan.

Baca Juga

"Itu adalah kemenangan yang pantas karena tanpa bermain semenarik mungkin, kami harus menunjukkan nilai-nilai tim pemenang, yang memiliki motivasi dan kebanggaan untuk menang. Itu adalah tiga poin yang sangat penting," kata Martinez, dilansir melalui laman resmi timnas Portugal, Rabu.

Livescore mencatat, pada laga itu tim Selecao das Quinas tampil lebih dominan dengan 66 persen penguasaan bola dan tujuh tendangan yang tiga di antaranya tepat sasaran.

Martinez mengatakan, anak-anak asuhnya kesulitan mencetak gol karena kelelahan secara mental setelah menang 3-0 melawan Bosnia dan Herzegovina pada Ahad (18/6/2023) WIB. "Dalam sepak bola internasional, setelah 72 jam, setiap pertandingan sulit. Tim lelah, tetapi tidak secara fisik. Ini lebih merupakan kelelahan mental," jelas dia.

Meski demikian, mantan pelatih timnas Belgia itu secara keseluruhan puas dengan hasil pertandingan melawan anak-anak asuh Age Hareide.

"Hari ini kami menang dengan nilai-nilai sebagai tim pemenang, itu adalah permainan yang bagus, tetapi tidak spektakuler. Kami selalu mencoba bermain menyerang, kami memiliki 11 tendangan sudut, tetapi menjaga gawang tidak kemasukan gol melawan tim melawan Islandia membuat saya sangat puas," kata Martinez.

Adapun laga ini menjadi penutup Portugal pada kualifikasi Grup J Euro 2024 bulan Juni 2023. Pemenang Euro 2016 itu terdekat akan berlaga pada kualifikasi Euro 2024 tepatnya melawan Slovakia pada 9 September dan Luksemburg pada 12 September 2023.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement