Kamis 22 Jun 2023 12:08 WIB

Mohamed Salah Jadi Pemain Incaran Jangka Panjang Klub-Klub Arab Saudi

Liga Arab Saudi berambisi terus mendatangkan pemain-pemain bintang dari Eropa.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Liverpool Mohamed Salah. Mohamed Salah menjadi incaran jangka panjang klub-klub Arab Saudi.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Penyerang Liverpool Mohamed Salah. Mohamed Salah menjadi incaran jangka panjang klub-klub Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Mantan Kepala Divisi Marketing Federasi Sepak Bola Asia (AFC), Hafez Al-Medlej, mengungkapkan ambisi besar Liga Arab Saudi untuk terus mendatangkan pemain-pemain bintang dari Benua Eropa. Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, pun menjadi incaran jangka panjang klub-klub Arab Saudi tersebut.

Al-Medlej diketahui pernah menjabat sebagai Kepala Marketing Liga Pro Arab Saudi pada 2008 hingga 2014. Tidak hanya itu, Al-Medlej juga duduk sebagai salah satu anggota dewan direksi Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF).

Baca Juga

Al-Medlej pun mengakui, perekrutan pemain bintang ke Liga Pro Arab Saudi menjadi salah satu usaha untuk bisa meningkatkan level kompetisi. Begitu pula dengan upaya meningkatkan nilai kontrak hak siar televisi dan penjualan.

''Kehadiran para pemain bintang dari Eropa akan berdampak positif pada sponsorhip dan nilai kontrak hak siar. (Lionel) Messi adalah pemain besar saat ini, dan kehadirannya bisa meningkatkan nilai buat kompetisi ini. Namun, kami tidak akan menggantinya dengan pemain lain,'' kata Al-Medlej kepada Koura seperti dikutip 90Min, Kamis (22/6/2023).

Sejak keberhasilan Al Nassr mendatangkan Cristiano Ronaldo pada akhir tahun lalu, sejumlah pemain bintang di pentas sepak bola Eropa pun mulai berdatangan ke Liga Arab Saudi. Karim Benzema memilih untuk tidak memperpanjang kontrak dengan Real Madrid dan bergabung bersama Al Ittihad pada jendela transfer musim panas tahun ini.

Begitu pula dengan keputusan gelandang bertahan timnas Prancis, N'Golo Kante, yang memilih meninggalkan Chelsea dan merapat ke Al Ittihad. Berbagai rumor soal ketertarikan klub-klub Arab Saudi pun terus bergulir. Mulai dari minat terhadap Kalidou Koulibaly, Hakim Ziyech, Ruben Neves, hingga teranyar Bernardo Silva.

Al-Medlej berharap, Silva mau mengambil kesempatan untuk merumput di Liga Arab Saudi. Namun, ia juga mengungkapkan harapan besar terhadap kehadiran penyerang Muslim Liverpool, Mohamed Salah, di Liga Arab Saudi. Popularitas penyerang asal Mesir itu di kawasan Timur Tengah, termasuk negara-negara Arab, dinilai bakal ikut mendongkrak pamor Liga Arab Saudi.

''Mari berharap, Bernardo Silva mau meninggalkan Manchester City. Selain itu, kami juga harus mulai bekerja untuk bisa mendatangkan Salah karena dia sangat populer di dunia Arab dan Eropa. Mungkin, dia masih berusaha memecahkan rekor baru di Liverpool. Jadi, jika tidak dalam waktu dekat, Salah bisa datang pada masa mendatang,'' kata Al-Medlej menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement