Jumat 23 Jun 2023 06:28 WIB

Kabupaten Bogor Juara Umum Kejurda Catur Jawa Barat

Para atlet mulai dari usia senior hingga junior Kabupaten Bogor turut sumbang emas.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Endro Yuwanto
Kejuaraan catur (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/LUKASZ GAGULSKI
Kejuaraan catur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kabupaten Bogor menjadi juara umum Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur tingkat Jawa Barat dengan total raihan 23 medali. Sebanyak 23 medali tersebut terdiri atas 11 medali emas, enam perak, dan enam perunggu.

Kabupaten Bogor menduduki puncak peringkat raihan medali pada Kejurda Catur Jawa Barat yang berlangsung di Villa Tjokro, Cisarua, Bogor, 18 Juni hingga 22 Juni 2023. Di bawah Kabupaten Bogor, ada Kota Bandung di urutan kedua, dan Kabupaten Bekasi pada urutan ketiga. Seluruhnya ada 25 Pengcab Percasi se-Jawa Barat yang mengikuti Kejurda Catur.

Baca Juga

Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika, bersyukur karena piala bergilir Kejurda Jawa Barat ini bisa kembali lagi ke Kabupaten Bogor. Setelah tahun lalu piala bergilir ini sempat lepas dari genggaman.

“Jadi selamat buat atlet-atlet Kabupaten Bogor yang sudah memberikan yang terbaik untuk cabang olahraga catur, ini juga bukti adanya regenerasi,” kata Ajat, Kamis (22/6/2023).

Ajat mengatakan, para atlet mulai dari usia senior hingga junior berhasil menyumbang emas. Menurut dia, hal ini merupakan sesuatu yang sangat membanggakan sehingga para atlet harus terus dijaga ke depannya.

“Bentuknya dengan memberikan program-program yang membuat mereka semakin mencintai catur, betah di Kabupaten Bogor, sehingga catur bisa semarak lagi di Bumi Tegar Beriman,” ucap Ajat.

Ketua Umum Percasi Jabar, Deni Nurdiana Hadimin, mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten Bogor yang sudah menjadi tuan rumah dan menyelenggarakan kejurda dengan sukses.

“Saya mendapat laporan tidak ada hal-hal yang mengganggu jalannya pertandingan, dan tidak ada protes yang berlebihan. Saya melihat kejurda di Kabupaten Bogor ini sebagai kejurda yang sangat lancar dan sangat berkesan,” kata Deni.

Deni pun mengucapkan selamat kepada juara umum, yakni Kabupaten Bogor, kemudian Kota Bandung sebagai juara kedua, dan Kabupaten Bekasi sebagai juara tiga. Ia berpesan kepada atlet-atlet yang mendapatkan emas pada kejurda ini untuk menjadikan kemenangan sebagai motivasi agar terus berprestasi.

“Kita berkali-kali menjadi juara pada PON, dan sudah ditetapkan tahun depan Jawa Barat harus kembali menjadi juara umum khususnya cabor catur. Tidak ada alasan kita tidak juara umum karena atlet-atlet terbaik ada di Jawa Barat,” ujar Deni menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement