Jumat 23 Jun 2023 10:37 WIB

Setelah Era Messi dan Ronaldo Berakhir, Ini Kandidat Kuat Peraih Ballon d'Or 2024

Untuk gelaran Ballon d'Or 2023, Messi masih digadang-gadang kembali menjadi favorit.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi.
Foto: Dok Republika
Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Lanskap persaingan gelar pemain terbaik sejagat, Ballon d'Or, dinilai akan mengalami perubahan pada musim 2023/2024. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, dua pemain yang mendominasi peraih penghargaan tersebut setidaknya dalam 15 tahun terakhir, sudah dipastikan tidak lagi merumput di Eropa.

Sementara Ronaldo akan terus melanjutkan kiprah di Liga Arab Saudi bersama Al Nassr, Messi akan melakoni petualangan baru bersama Inter Miami di pentas Major League Soccer (MLS). Begitu pula dengan kepergian peraih Ballon d'Or edisi terakhir atau 2022, Karim Benzema. Penyerang asal Prancis itu memilih meninggalkan Real Madrid dan bergabung bersama klub asal Arab Saudi, Al Ittihad.

Baca Juga

Luka Modric, yang sempat menggondol trofi Ballon d'Or pada 2018, dianggap sudah mulai dimakan usia. Gelandang asal Kroasia itu akan genap berusia 38 tahun pada musim depan.

Untuk gelaran Ballon d'Or 2023, Messi digadang-gadang kembali menjadi favorit. Keberhasilan mengantarkan Argentina merengkuh titel Piala Dunia 2022 menjadi alasan terbesar pemain berjuluk La Pulga itu layak mendapatkan gelar Ballon d'Or kedelapannya pada tahun ini.

Sejumlah nama pemain muda pun muncul dalam daftar kandidat terkuat peraih gelar Ballon d'Or 2024 mendatang. Berikut daftar pemain-pemain tersebut berdasarkan lansiran BBC.

1. Jude Bellingham (Real Madrid)

Gelandang asal Inggris itu sudah menjadi pemain Inggris termahal kedua saat direkrut Real Madrid dari Borussia Dormund pada bulan ini. Los Blancos menebus Bellingham dengan biaya transfer dikabarkan mencapai 88 juta poundsterling. Meski gagal mengantarkan Dortmund meraih titel Bundesliga Jerman pada musim ini, Bellingham sudah mencatatkan rekor tersendiri.

photo
Jude Bellingham saat memperkuat Borussia Dortmund(AP Photo/Martin Meissner, File).
 
 
Dalam usia 19 tahun, Bellingham menjadi kapten termuda tim utama Dortmund di sepanjang sejarah klub. Performa mantan gelandang Birmingham City itu pun terbilang impresif. Bellingham mengemas 14 gol dan tujuh assist dari 42 penampilan di semua ajang pada musim ini. Bergabung bersama klub tersukses di pentas Liga Champions, Bellingham pun dinilai bakal mampu memaksimalkan potensinya pada musim depan.

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement