Jumat 23 Jun 2023 10:37 WIB

Setelah Era Messi dan Ronaldo Berakhir, Ini Kandidat Kuat Peraih Ballon d'Or 2024

Untuk gelaran Ballon d'Or 2023, Messi masih digadang-gadang kembali menjadi favorit.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi.
Foto:

2. Erling Haaland (Manchester City)

Rekor demi rekor di Liga Primer Inggris musim ini terus dipecahkan pemain berusia 22 tahun itu. Padahal, musim ini adalah debut Haaland tampil di Liga Primer Inggris. Puncaknya, Haaland menyabet dua gelar individu sekaligus di pentas Liga Primer Inggris.

photo
Striker Manchester City Erling Haaland (EPA-EFE/SEDAT SUNA).
 
 
 

Selain menjadi pemain terbaik, penyerang asal Norwegia itu juga menjadi pemain muda terbaik Liga Primer Inggris musim ini. Haaland menjadi satu-satunya pemain di sepanjang sejarah Liga Primer Inggris yang menyabet dua penghargaan tersebut dalam satu musim kompetisi.

Tidak hanya itu, torehan 36 gol Haaland di Liga Primer Inggris juga menjadi catatan baru. Haaland menjadi pemain tersubur di sepanjang sejarah Liga Primer Inggris dalam satu musim kompetisi. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Alan Shearer dan Andy Cole, yang mampu mencetak 34 gol dalam satu musim kompetisi.

Haaland mengakhiri musim ini dengan torehan 52 gol dari 53 penampilan di semua ajang. Secara keseluruhan, Haaland sudah mencetak 299 gol, termasuk di level klub ataupun bersama timnas Norwegia. Dengan usia yang masih belia, Haaland sudah berada dalam trek untuk bisa terus memecahkan rekor anyar pada masa mendatang.

3. Vinicius Junior (Real Madrid)

Butuh waktu tiga musim buat Vinicius Junior untuk bisa benar-benar menunjukkan kemampuannya di Real Madrid. Datang pada awal musim 2018/2019, winger asal Brasil mulai menunjukkan performa apiknya pada musim lalu. Vinicius, yang ditempatkan sebagai winger kiri, terus meneror pertahanan lawan via kecepatan dan kemampuan teknik olah bolanya.

photo
Striker Real Madrid, Vinicius Junior. - (AP/MANU FERNANDEZ)

 

Vinicius menjadi aktor penting keberhasilan Los Blancos menyingkirkan Manchester City di babak semifinal Liga Champions musim lalu. Pun saat eks winger Santos itu mencetak gol kemenangan Los Blancos ke gawang Liverpool di partai final, yang digelar di Stade de France, Paris, Prancis, tersebut.

Pada musim ini, meski Madrid gagal mempertahankan titel Liga Champions dan La Liga Spanyol, Vinicius tetap menjadi salah satu pemain yang menonjol. Ia sudah menjelma menjadi salah satu andalan Los Blancos. Usai Los Blancos membungkam Liverpool, 5-2, di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, pelatih Madrid Carlo Ancelotti sempat menyebut kekuatan utama Vinicius.

''Dia adalah pemain yang paling menentukan di dunia ini. Dia bisa menentukan hasil laga dengan penampilan yang konsisten,'' kata pelatih Los Blancos itu seperti dilansir BBC.

Pada sepanjang musim ini, Vinicius tercatat telah menyumbang 23 gol dan 21 assist dari 55 penampilan di semua ajang. Catatan ini mengantarkan Vinicius berada di urutan ketiga dalam daftar pemain dengan kontribusi gol terbanyak di lima liga top Eropa, setelah Kylian Mbappe dan Erling Haaland.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement