Jumat 23 Jun 2023 10:37 WIB

Setelah Era Messi dan Ronaldo Berakhir, Ini Kandidat Kuat Peraih Ballon d'Or 2024

Untuk gelaran Ballon d'Or 2023, Messi masih digadang-gadang kembali menjadi favorit.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi.
Foto:

4. Kylian Mbappe (Paris Saint Germain)

Dalam usia yang relatif muda, Mbappe sudah menjadi salah satu andalan Prancis saat merengkuh titel Piala Dunia 2018. Pemain berusia 24 tahun itu pun nyaris membawa Les Bleus mempertahankan titel tersebut di gelaran Piala Dunia 2022. Namun, di partai final, Mbappe harus mengakui ketangguhan Argentina, yang dipimpin Lionel Messi.

photo
Striker Paris Saint-Germain (PSG) Kylian Mbappe. (EPA-EFE/CHRISTOPHE PETIT TESSON)

 

Kendati begitu, Mbappe adalah sebuah mesin gol kelas wahid. Sejak direkrut dari AS Monaco pada 2017, Mbappe mencetak 212 gol dan 98 assist dalam 260 penampilan di semua ajang. Mbappe pun sudah mempersembahkan total 34 trofi buat klub milik pengusaha asal Qatar tersebut.

Di level timnas, Mbappe sudah menyumbang 38 gol dalam 88 penampilan. Mbappe hanya terpaut 15 gol dari pencetak gol sepanjang masa Les Bleus, Olivier Giroud. Apabila mampu tampil konsisten dan terhindar dari cedera parah, bukan tidak mungkin, Mbappe akan menggeser Giroud dalam daftar tersebut.

Kecepatan, teknik olah bola, dan insting mencetak gol yang begitu kuat menjadi keunggulan Mbappe. Top skorer Ligue 1 Prancis dalam lima musim terakhir itu pun digadang-gadang bakal menjadi simbol sekaligus penanda era baru pasca era Messi-Ronaldo di pentas sepak bola Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement