Jumat 23 Jun 2023 20:54 WIB

Jelang Persis Vs Persebaya, Polisi Amankan dan Pulangkan Puluhan Bonek

Mereka diamankan dari tiga lokasi berbeda di Solo.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
 Puluhan Bonek diamankan dan dipulangkan kembali oleh Polresta Solo, Jumat (23/6/2023).
Foto: Dokumen
Puluhan Bonek diamankan dan dipulangkan kembali oleh Polresta Solo, Jumat (23/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Jelang laga pra musim Persis Solo melawan Persebaya Surabaya, puluhan Bonek (suporter Persebaya) diamankan dan dipulangkan oleh Polresta Solo. Mereka diamankan dari tiga lokasi berbeda di Solo.

Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi mengungkapkan puluhan Bonek tersebut diamankan  di seputaran Stasiun Balapan, Jalan Ring Road, dan Stadion Manahan. Saat ini, puluhan suporter tersebut telah dipulangkan.

"Untuk Bonek tadi diamankan sekitar 85 orang, Selanjutnya para suporter tersebut sudah diantarkan sampai perbatasan Karanganyar menggunakan truk Dalmas," kata Iwan, Jumat (23/6/2023).

Pemulangan suporter itu adalah mekanisme pengamanan yang telah disepakati oleh pihak panitia penyelenggara (panpel) pertandingan, tim manajemen, Pemkot Solo, dan kepolisian.

"Sudah disepakati bahwa hanya 500 bonek yang akan kita akomodir di Manahan yang berangkat bersama-sama dari Surabaya," ujar dia.

"Artinya mohon maaf dengan segala hormat bagi yang berangkat sendiri-sendiri apalagi menggunakan motor atau mungkin estafet menumpang dari truk satu ke truk yang lain mohon maaf kami terpaksa akan menertibkan," katanya menambahkan.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengungkapkan agar para suporter Bonek yang hadir di laga pra musim Persis Solo melawan Persebaya Surabaya tidak melebihi kuota yang telah ditentukan.

"(Kalau nekat?) Ra oleh, ga boleh sudah kita sesuai dengan kuota ya," kata Gibran ketika ditemui di balai kota Solo, Jumat (23/6/2023).

Gibran mengungkapkan apabila suporter nanti yang datang melebihi kuota ia akan mendapatkan teguran dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Pasalnya kuota yang telah ditentukan adalah 500 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement