Sabtu 24 Jun 2023 21:41 WIB

Menpora Semringah PSSI Bawa Piala Dunia U-17 ke Indonesia

Status tuan rumah Piala Dunia U-17 ini menjadi pengakuan dunia terhadap Indonesia.

Waketum 1 PSSI Zainudin Amali, Ketum PSSI Erick Thohir, Waketum 2 PSSI Ratu Tisha (kiri-kanan) dalam konferensi pers dalam konferensi pers Piala Dunia U-17 di Jakarta, Sabtu (24/6/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Waketum 1 PSSI Zainudin Amali, Ketum PSSI Erick Thohir, Waketum 2 PSSI Ratu Tisha (kiri-kanan) dalam konferensi pers dalam konferensi pers Piala Dunia U-17 di Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo akan mengundang PSSI untuk membahas proses realisasi usai Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17.

Menurut Menpora Dito, penunjukkan tersebut menjadi salah satu pengakuan dunia terhadap Indonesia dalam menggelar ajang berkelas internasional.

Baca Juga

"Insyaallah dalam waktu dekat ini kami akan mengundang PSSI duduk bersama, bersinergi, berkolaborasi serta mendengarkan paparan lengkap terkait persiapan pelaksanaan," kata Dito Ariotedjo, Sabtu (24/6/2023). 

Penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah ajang internasional Piala Dunia U-17 juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo sebelumnya bahwa melalui acara-acara internasional bisa berkontribusi membangun daerah di Tanah Air, yang dapat memicu peningkatan ekonomi lokal.

"Pemerintah dalam hal ini Kemenpora, menyambut baik keputusan FIFA yang menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-17, banyaknya event olahraga level dunia di Tanah Air sejalan dengan keinginan dari Bapak Presiden Jokowi. Selain membangun merek Indonesia, sekaligus dapat memicu peningkatan ekonomi di daerah penyelenggara di Tanah Air," ucap Menpora Dito.

"Event kelas dunia ini harus kita persiapkan dengan baik guna meraih sukses, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses administrasi, hingga sukses perekonomian sebagai dampak positif dari event ini," kata Menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju itu.

Keputusan FIFA menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 setelah melalui sidang Dewan FIFA yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss, Jumat (23/6/2023). 

Pada bulan April, Peru dipastikan gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 karena ketidakpastian infrastruktur meski dinyatakan sebagai tuan rumah pada empat tahun yang lalu. Hal tersebut yang menjadi alasan utama yang menyebabkan FIFA mencabut status tuan rumah Peru.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan bahwa keputusan FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 adalah bukti bahwa sepak bola Indonesia diakui dunia.

Karena itu, Erick mengajak semua pihak untuk bersyukur dan memperjuangkan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah dalam event yang sangat berharga tersebut.

"PSSI akan langsung mempersiapkan tim U-17 secara serius mulai dari seleksi di sembilan wilayah untuk mencari bakat-bakat baru yang layak untuk tampil di kompetisi dunia tersebut," ujar dia. 

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement