Ahad 25 Jun 2023 18:54 WIB

Wah, Jordi Amat dan Shin Tae-yong Ternyata Pernah Jadi Pemain Bintang di Piala Dunia U-17

Jordi Amat bahkan mengantar timnas Spanyol meraih juara Piala Dunia U-17 2009.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Bek timnas Indonesia Jordi Amat yang pernah tampil di Piala Dunia U-17 2009 bersama timnas Spanyol.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Bek timnas Indonesia Jordi Amat yang pernah tampil di Piala Dunia U-17 2009 bersama timnas Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia ditunjuk oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang akan berlangsung pada 10 November-2 Desember. Meski ajang ini adalah turnamen kelompok umur, banyak bintang dunia yang pernah tampil di Piala Dunia U-17, termasuk bek naturalisasi timnas Indonesia Jordi Amat.

Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah membuat tim Merah Putih berhak ambil bagian di turnamen tersebut sekaligus bisa menunjukkan skill dan kemampuan kepada dunia. PSSI dalam jumpa persennya kemarin telah menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia nanti.

Baca Juga

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong di antara pemain top yang pernah bermain di Piala Dunia U-17 1987 bersama Korea Selatan (Korsel) yang berlangsung di Kanada. Shin tampil cukup mengesankan pada waktu itu.

Di babak penyisihan grup, Shin mencetak dua gol dalam tiga pertandingan sekaligus membawa Korsel lolos ke perempat final. Namun, Shin gagal melanjutkan penampilan apiknya di babak perempat final karena Korsel kalah 0-2 dari Italia.

Di Piala Dunia U-17 edisi tersebut ada nama yang kelak menjadi tenar, yakni Emanuel Petit. Pemain ini adalah pahlawan Prancis ketika merebut juara Piala Dunia 1998.

Bek naturalisasi Indonesia Jordi Amat juga pernah merasakan Piala Dunia U-17 bersama timnas Spanyol pada 2009 yang berlangsung di Nigeria. Spanyol keluar sebagai juara ketiga waktu itu. Koke dan Alvaro Morata adalah rekan Jordi Amat di timnas Spanyol pada turnamen tersebut.

Pada Piala Dunia U-17 edisi 2009 tampil juga pemain yang kini menjadi bintang, seperti Neymar, Emiliano Martinez, Casemiro, Alisson Becker, Philippe Countinho, Son Heung-min, Mario Goetze, Stephan El Shaarawy, Ter Stegen, dan Granit Xhaka.

Dalam dua edisi terakhir Piala Dunia U-17, beberapa pemain yang kini menjadi bintang sepak bola dunia pernah tampil di turnamen tersebut. Antara lain, penyerang Manchester City, Phil Foden, dan penyerang Manchester United, Jadon Sancho.

Kemudian ada Takefuso Kubo, Sergino Dest, Eric Garcia, Aurelien Tchouameni, dan Mohammed Kudus. Para pemain itu adalah bintang yang bermain di Piala Dunia U-17 edisi 2017. Pada Piala Dunia U-17 edisi 2019, ada bintang muda Barcelona Pedri dan Yeremi Pino.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement