Ahad 25 Jun 2023 19:01 WIB

Messi dan Ronaldo tak Pernah Mencicipi Tampil di Piala Dunia U-17

Sejumlah bintang Portugal dan Argentina justru pernah merumpur di Piala Dunia U-17.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (kanan)
Foto: EPA/AP
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Kabar ini tentu menggembirakan setelah Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 beberapa bulan lalu dan dialihkan ke Argentina.

Meski turnamen kelompok umur, ada banyak bintang sepak bola dunia baik yang masih aktif maupun sudah pensiun pernah merasakan Piala Dunia U-17. Namun, dua superstar sepak bola dunia yang mendominasi berbagai penghargaan bergengsi dalam dua dekade terakhir, yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tidak pernah tampil di Piala Dunia U-17.

Baca Juga

Dalam catatan Transfermarkt, riwayat perjalanan Messi di tim nasional Argentina tak pernah memperkuat Argentina U-17. Adapun Ronaldo memiliki riwayat pernah memperkuat Portugal U-17 dengan tampil debutnya pada 10 Oktober 2001 di usia 16 tahun, 8 bulan, 5 hari. Ia mencatatkan lima gol dalam tujuh pertandingan.

Messi yang mengikuti jejak Diego Maradona sebagai ikon Argentina setelah mempersembahkan gelar Copa America 2021 dan Piala Dunia 2022 tak pernah menjadi bagian dari tim Argentina di Piala Dunia U-17. La Pulga tidak memiliki sejarah yang sama seperti deretan pemain top Argentina, yakni Juan Sebastian Veron, Pablo Aimar, Esteban Cambiaso, Gabriel Milito, Javier Mascherano, Carlos Teves, dan Emiliano Martinez yang pernah tampil di Piala Dunia U-17.

Sama halnya dengan rival Messi, Ronaldo. Pemain Al Nassr tersebut juga tak pernah mencicipi bermain di Piala Dunia U-17. Beberapa bintang Portugal yang pernah bermain di turnamen tersebut, yakni Luis Figo, Abel Xavier, dan Joao Moutinho.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement