Selasa 27 Jun 2023 23:20 WIB

PUPR: Stadion U-20 Siap Digunakan untuk Piala Dunia U-17

Kementerian PUPR sebut stadion U-20 siap digunakan untuk Piala Dunia U-17.

Presiden Joko Widodo di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Kementerian PUPR sebut stadion U-20 siap digunakan untuk Piala Dunia U-17.
Foto: Republika/Ronggo Astungkoro
Presiden Joko Widodo di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Kementerian PUPR sebut stadion U-20 siap digunakan untuk Piala Dunia U-17.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya memastikan stadion-stadion yang sebelumnya ditujukan untuk Piala Dunia U-20 siap dan bisa digunakan untuk Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

"Kalau untuk dipakai sudah sangat siap, kita sudah melakukan serah terima kelola (stadion) dan memberikan pelatihan kepada para pengelola lapangan," ujar Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Essy Asiah di Jakarta, Selasa (27/6/2023).

Baca Juga

Essy mengatakan, sebelum gelaran Piala Dunia U-20, FIFA sudah datang melakukan inspeksi terakhir untuk seluruh stadion dan senang dengan kondisi stadion di Indonesia.

"Karena stadion-stadion tersebut sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan FIFA," katanya.

Kendati demikian, dirinya belum mengetahui stadion-stadion mana saja yang akan digunakan sebagai lapangan pertandingan dan latihan untuk Piala Dunia U-17.

"Stadion-stadion yang sebelumnya diperuntukkan untuk Piala Dunia U-20 siap digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17, karena sudah disiapkan sebaik mungkin untuk digunakan mendukung perhelatan internasional," kata Essy.

Kementerian PUPR sebelumnya ditugaskan untuk menyiapkan 25 stadion guna mendukung Piala Dunia U-20, di mana lima stadion untuk pertandingan dan 20 stadion lainnya untuk kebutuhan latihan. Namun, FIFA kemudian membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Pada April lalu, Peru dipastikan gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 karena ketidakpastian infrastruktur meski dinyatakan sebagai tuan rumah pada empat tahun yang lalu. Hal tersebut yang menjadi alasan utama yang menyebabkan FIFA mencabut status tuan rumah Peru.

Indonesia kemudian ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss. Sejauh ini, FIFA mengagendakan FIFA U-17 World Cup 2023 akan digelar 10 November hingga 2 Desember tahun ini.

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengaku bersyukur badan sepak bola dunia FIFA menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement