Sabtu 01 Jul 2023 08:04 WIB

Termasuk Gundogan, Empat Pemain Ini Kontraknya tak diperpanjang Man City

Gundogan bergabung dengan Barcelona selepas kontraknya di Man City berakhir.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Ilkay Gundogan habis kontraknya di MAnchester City dan hengkang ke Barcelona.
Foto: AP Photo/Jon Super
Ilkay Gundogan habis kontraknya di MAnchester City dan hengkang ke Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Empat pemain dipastikan meninggalkan Manchester City karena berstatus agen bebas. Para pemain ini bagian dari skuad City peraih treble musim 2022/23. Salah satunya Ilkay Gundogan. 

Sebenarnya informasi kepergian Gundogan sudah terdengar sejak beberapa hari lalu. Gelandang tim nasional Jerman itu sudah memiliki klub baru.  Kini ia bergabung dengan Barcelona. 

Baca Juga

Pelatih the Citizens Pep Guardiola berharap eks Borussia Dortmund itu bertahan. Namun kenyataan berkata lain. Gundogan menuju tantangan selanjutnya. 

The Sky Blues mengantisipasi kehilangan sang kapten. Juara Inggris dan Eropa ini sudah mengamankan tanda tangan Mateo Kovacic. 

Demi mendapatkan Kovacic, City mengeluarkan 25 juta pounds (Rp 477 miliar) untuk pilar Chelsea FC dalam beberapa tahun terakhir tersebut.

Berikutnya Benjamin Mendy. Bek kiri asal Prancis ini lebih banyak bermasalah dengan situasi di luar lapangan. Ia menjalani sidang kasus pemerkosaan dan pelecehan seksual.

Man City enggan memperpanjang kontraknya. Pada 2017 lalu, the Sky Blues mengeluarkan 52 juta euro (Rp 854 miliar) untuk mendatangkan eks AS Monaco itu. Setelah tampil di 75 pertandingan, Mendy lebih aktif menuju pengadilan dibandingkan di lapangan.

Dua sosok lainnya yakni Terrell Agymemang, dan Rowan McDonald. Nama pertama merupakan produk akademi the Citizens. Sementara McDonald adalah gelandang box to box.

Kepergian Gundogan lebih menyita perhatian. Man City ingin mempertahankan pria berdarah Turki itu di Etihad Stadium. Namun manajemen the Citizens tak mau menawarkan tambahan kontrak dua tahun.

Gundogan mengaku sulit berbicara tentang niatnya kepada Guardiola. Ia sudah merasakan ketulusan dan kepercayaan sang pelatih terhadapnya. "Yang bisa saya lakukan hanyalah mengucapkan terima kasih," ujar jebolan akademi VfL Bochum, dikutip dari Daily Mail, Sabtu (1/7/2023).

Ia mengingat momen 2016 lalu. Saat itu ia ragu bakal terus diminati City. Gundogan menjalani musim terakhir di Dortmund dalam kondisi cedera lutut parah, tapi Guardiola menaruh kepercayaan besar kepadanya. 

"Saya sangat khawatir, City akan menarik diri dari kesepakatan. Namun Pep menelpon saya dan mengatakan mereka akan menunggu, tidak peduli berapa lama itu," tutur Gundogan.

Berjalannya waktu, sang gelandang menjadi tokoh kunci di Etihad Stadium. Gundogan merupakan kapten tim saat the Citizens meraih tiga gelar bergengsi pada musim lalu.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement