Ahad 02 Jul 2023 17:03 WIB

Full Time Liga 1; Persib Ditahan Imbang 1-1 oleh Madura United

Medura United memimpin dengan cepat di menit ke-5.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Gelandang Persib  beckham diganjal pemain Madura United pada laga BRI Liga 1 Indonesia di Stadion GBLA, Bandung, Ahad (2/6/2023).
Foto: Republika/yogiardhi
Gelandang Persib beckham diganjal pemain Madura United pada laga BRI Liga 1 Indonesia di Stadion GBLA, Bandung, Ahad (2/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persib Bandung harus puas dengan hasil imbang saat menghadapi Madura United pada pekan pertama BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Ahad (2/6/2023) sore WIB. Kedua tim menunjukkan permainan terbuka dengan beberapa peluang ke gawang, tapi laga berakhir dengan skor 1-1.

Medura United memimpin dengan cepat di menit ke-5. Gol diciptakan oleh Hugo 'Jaja' Gomes saat memaksimalkan umpan silang dari sisi kiri oleh Rivera. Jaja menerima umpan di tengah kotak penalti, setelah menahan dengan satu sentuhan, pemain asal Brasil itu melepaskan tembakan voli.

Baca Juga

Persib memiliki peluang di menit ke-8. Peluang tercipta ketika Beckham menyambar bola liar dari clearance tidak sempurna pemain belakang Madura United. Namun tembakan setengah voli dengan kaki kiri Beckham masih belum sempurna, itu masih terlalu tinggi dari sasaran.

Beckham kembali memberikan ancaman di menit ke-14. Umpan terobosan dari Klok berhasil digapai oleh Beckham di sisi kanan kotak penalti. Ia kemudian melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti, tapi itu masih terlalu dekat dengan Satria Tama untuk diamankannya.

Serangan Persib mencoba menembus pertahanan terakhir Madura di menit ke-20. Ciro melepaskan umpan usai merebut bola di area pertahanan. Namun, umpan silang ke sisi kiri kotak penalti gagal disambut oleh pemain Maung Bandung. Bola kemudian berhasil disapu ke luar area pertanhanan.

Empat menit berselang, Persib mendapat hadiah tendangan bebas di sisi kanan. Klok mengambil alih tendangan bola mati, ia melepaskan umpan ke tengah kotak, Alberto Rodriguez yang tanpa penjagaan berhasil menyambut dengan tandukan tapi masih meleset tipis di atas mistar gawang Madura United. 

Persib mendapat hadiah tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti dari pelanggaran Jacob Mahler kepada Rachmat Irianto di menit ke-29. Edo melepaskan tembakan langsung ke gawang yang mengarah ke sudut kanan atas gawang. Tapi itu masih bisa ditinju keluar lapangan oleh Satria.

Setelah bertahan dari beberapa ancaman, Madura akhirnya menciptakan serangan berbahaya lainnya di menit ke-31. Rivera menerima bola liar di area terbuka di tengah pertahanan Persib. Ia melepaskan umpan ke Lulinha di sisi kiri, tapi umpan balik Lulinha gagal disambut dengan baik oleh pemain Madura United. 

Di menit ke-40, peluang emas dimiliki Luis Reis saat ia menerima umpan terobosan di sisi kiri serangan. Ia melepaskan tembakan ke tiang jauh Persib Bandung. Tapi bola masih bisa ditepis dengan baik oleh Teja. Skor 1-0 untuk Madura United bertahan hingga turun minum. 

Ancaman langsung diberikan Tyronne del Pino di menit-menit awal babak kedua. Pemain yang baru masuk menggantikan Beckham Putra memiliki peluang terbuka di luar kotak penalti Madura United saat menerima umpan terobosan dari David Da Silva. Ia melepaskan tembakan keras tapi belum mengarah ke gawang. 

Di menit ke-52, Teja melakukan penyelamatan penting untuk menggagalkan peluang emas dari tambakan langsung Jaja yang mengarah rendah ke sisi kanan gawang, lalu penyelamatan lanjutan dari bola rebound yang dilepaskan Malik. 

Pertahanan Persib kembali diuji oleh Madura United. Di menit ke-59, Lulinha mendapat umpan terobosan di sisi kiri, ia yang bebas tanpa penjagaan memancing Teja untuk meninggalkan posisinya. Melihat gawang tanpa penjagaan, Lulinha langsung melepaskan tembakan ke gawang tapi berhasil diblokir di depan garis oleh Sato.

Persib belum bisa memaksimalkan setiap peluang yang didapatkan dari permainan terbuka maupun bola mati. Seperti tendangan bebas mendatar David Da Silva di menit ke-68 tak jauh dari kotak penalti masih meleset tipis di sisi kanan gawang. Di sisi lain, Tyronne tampak kesakitan dan harus digantikan oleh Ezra Walian. 

Di menit ke-77, Persib mendapat hadiah tendangan penalti dari pelanggaran Rendika Rama terhadap Robi Darwis di area terlarang. David Da Silva mengeksekusi tendangan titik putih, mengarahkan bola ke sisi kanan untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Motivasi permainan Persib semakin tinggi. Beberapa peluang kembali didapatkan tim tuan rumah. Di menit ke-86 Klok melepaskan tendangan bebas langsung ke gawang. Tapi bola masih meleset tipis di atas mistar gawang Satria Tama. Tidak ada gol tercipta hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit. Skor bertahan 1-1 untuk kedua tim.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement