Senin 03 Jul 2023 07:33 WIB

Liverpool Resmi Dapatkan Bintang dari RB Leipzig

Bintang Timnas Hungaria itu akan diikat kontrak dengan durasi selama lima tahun.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Dominik Szoboszlai, bintang RB Leipzig yang direkrut Liverpool.
Foto: EPA-EFE/Leszek Szymanski POLAND OUT
Dominik Szoboszlai, bintang RB Leipzig yang direkrut Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool akhirnya telah merampungkan kepindahan Dominik Szoboszlai dari RB Leipzig. Gelandang serang asal Hungaria itu menjadi rekrutan kedua The Reds pada jendela transfer awal musim 2023/2024.

Sebelumnya, The Reds telah mendatangkan gelandang asal Argentina, Alexis Mac Allister, dari Brighton and Hove Albion. Berbeda dari Mac Allister, yang direkrut dengan nilai transfer dikabarkan mencapai 35 juta poundsterling, Szoboszlai diboyong The Reds dengan biaya transfer disebut mencapai 60 juta poundsterling. 

Baca Juga

Kabarnya, biaya transfer ini merupakan nilai klausa pelepasan Szoboszlai yang diaktifkan The Reds pada Jumat (30/7/2023) waktu setempat. Setelah melakoni tes medis dan dinyatakan lulus pada keesokan harinya, gelandang serang berusia 22 tahun itu tinggal mengurus surat izin kerja.

''Liverpool telah merampungkan perekrutan Dominik Szoboszlai dari RB Leipzig, tinggal menyelesaikan surat izin kerja,'' tulis pernyataan Liverpool di laman resmi klub, Ahad (2/7/2023).

Berdasarkan lansiran Sky Sports, pengoleksi 32 caps buat Timnas Hungaria akan diikat kontrak dengan durasi selama lima tahun. Dengan begitu, Szoboszlai diharapkan bisa terus membela The Reds hingga 2028 mendatang. Szoboszlai pun mengaku senang akhirnya bisa menyelesaikan kepindahan ke Liverpool.

Menyebut Liverpool sebagai salah satu klub besar dan memiliki sejarah panjang di Eropa, eks gelandang serang RB Salzburg itu sudah tidak sabar untuk bisa segera membela The Reds pada musim depan. ''Buat saya, ini menjadi langkah yang sempurna untuk bisa datang ke klub seperti ini. Fans, stadion, semuanya terasa begitu bagus,'' kata Szoboszlai seperti dilansir laman resmi Liverpool.

Dalam dua musim terakhir membela RB Leipzig, Szoboszlai terbukti mampu tampil konsisten. Pada musim lalu, Szoboszlai mampu mengemas 10 gol dan sembilan assist dari 45 penampilan di semua ajang. Catatan itu dipertajam Szoboszlai pada musim ini, kala mencetak 10 gol dan 13 assist dari 46 laga di semua kompetisi.

Fleksibilitas posisi bermain di lini tengah dikabarkan menjadi salah satu pertimbangan terbesar The Reds merekrut Szoboszlai. Meski berposisi asli sebagai gelandang serang, Szoboszlai diketahui bisa ditempatkan sebagai winger kanan, winger kiri, ataupun gelandang tengah.

Kehadiran Szoboszlai akan menambah opsi pemain dan kedalaman skuad di lini tengah The Reds. Tidak hanya itu, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, juga kabarnya terkesan dengan kualitas kepemimpinan Szoboszlai. Kendati baru berusia 22 tahun, Szoboszlai sudah dipercaya mengenakan ban kapten Timnas Hungaria. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement