Senin 03 Jul 2023 17:18 WIB

Dua Gol Penalti Antarkan RANS Nusantara Taklukkan Persikabo 1973 di Liga 1

RANS mengalahkan Persikabo 1973 2-1 di Yogyakarta.

Rep: mgrol147/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tuan rumah RANS Nusantara FC bangkit dari ketertinggalan untuk mengamankan tiga poin saat menghadapi Persikabo 1973 pada laga pekan pertama Liga 1 2023/2024. Gol Mitsuru Marouka membawa RANS Nusantara menang 2-1 atas Persikabo 1973 di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Selasa (3/7/2023) petang.

Pertandingan pertama musim ini tak berjalan mulus bagi RANS. Tim asuhan Eduardo Almeida kebobolan pada menit keenam melalui sepakan Nikola Kovacevic setelah menyambut umpan Roni Sugeng dari tendangan bebas.

Baca Juga

Tendangan bebas kedua didapatkan Persikabo 1973 dengan jarak yang cukup dekat pada menit kesepuluh. Eksekusi dari Nikola Kovacevic masih dapat ditahan kiper RANS Nusantara Try Hamdani. 

Pada menit ke-16, Marouka melepaskan umpan matang melalui tendangan bebas. Sayang sekali tidak ada yang menyambut umpan tersebut. Marouka kembali menendang bola muntah tetapi masih dapat dihadang kiper Persikabo 1973 Syahrul Fadil. Hingga babak pertama berakhir, Persikabo 1973 tetap unggul 1-0.

RANS Nusantara langsung tancap gas untuk mengejar ketinggalan. Tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk menyeimbangkan kedudukan. Menit ke-54, Maruoka menjebol gawang Persikabo 1973 lewat eksekusi penalti setelah pemain Persikabo melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Setelah terus menyerang pertahan Persikabo 1973, Erwin Ramdani hampir mencetak gol kedua melalui sundulan setelah menerima umpan dari Marckho Merauje. Sayang sekali bola hanya terkena mistar gawang.

RANS kemudian mendapatkan keuntungan karena Persikabo 1973 harus bermain dengan 10 orang setelah Andi Setyo dikeluarkan karena menerima dua kartu kuning. Andi melepaskan tekel keras yang membuatnya harus meninggalkan lapangan pada menit ke-75 setelah menerima kartu merah.

Berusaha memenangkan pertandingan, pelatih Almeida memasukkan Ilhamsyah, Samsul Arifin dan Kushedya Yudo. Akhirnya gol kedua tercipta untuk tim tuan rumah RANS Nusantara. Kemaluddin melakukan pelanggaran dalam kotak penalti kepada Erwin Ramdani sehingga wasit Bangkit Sanjaya menunjuk titik putih. Maruoka kembali mengeksekusi hukuman penalti tersebut dengan sukses untuk membawa timnya berbalik unggul.

Laga sempat diwarnai protes oleh ofisial Persikabo 1973 tapi kemudian terus berjalan. Saat injury time, Erwin Ramdani diganjar kartu merah sehingga RANS NUsantara juga harus bermain dengan 10 orang. Namun dalam sisa waktu yang ada Persikabo 1973 tak bisa untuk setidaknya menyamakan kedudukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement