Senin 03 Jul 2023 19:50 WIB

Babak Pertama, Persija Tertinggal 0-1 dari PSM Makassar

Persija kesulitan membongkar pertahanan PSM.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta tertinggal lebih dulu saat menjamu PSM Makassar pada laga perdana BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (3/7/2023) malam WIB. Persija kesulitan membongkar pertahanan PSM, sementara tim tamu terus menekan dan memetik keunggulan 1-0 dari tandukan Kenzo Nambu.

PSM mencoba menekan di menit-menit awal setelah kick-off. Everton mencoba menembus pertahanan Persija tapi berhasil digagalkan oleh Rio Fahmi dan Firza Andika. Bola liar didapatkan Yakob tapi belum ada ancaman lebih jauh yang diberikan. 

Baca Juga

Juku Eja mendominasi serangan di lima menit pertama. Sementara tuan rumah baru mulai tampil keluar untuk membongkar pertahanan PSM di menit ke-8 melalui kerja sama Witan Sulaeman dkk di sisi kanan. 

Pada menit ke-10 Andritany melakukan penyelamatan penting saat menggagalkan peluang yang dimiliki Yakob di kotak penalti. Penjaga gawang berusia 31 tahun itu meninggalkan posisinya saat melihat Yakob berhasil melewati pemain belakang Persija. Ia menyapu bola keluar lapangan tepat waktu.

Setelah gempuran bertubi-tubi, PSM akhirnya berhasil membobol gawang Persija di menit ke-12. Gol tercipta melalui tandukan Kenzo Nambu yang berdiri tanpa penjagaan di mulut gawang Persija saat menerima umpan dari tendangan bebas Ananda Raehan. PSM pun semakin percaya diri dengan keunggulan sementara 1-0.

Tendangan bebas pertama bagi Persija di menit ke-18. Ryo Matsumura mengambil alih tendangan bola mati dari sisi kiri serangan. Ia melepaskan tembakan melengkung yang mengarah ke tiang jauh, tapi berhasil ditepis oleh Reza. Tidak ada ancaman lanjutan dari bola rebound.

Peluang emas terbuang sia-sia saat Witan terlambat menyambut umpan terobosan dari Ryo Matsumura setelah bermain dari kaki ke kaki hingga menembus ke kotak penalti PSM di menit ke-22. Suporter Persija, the Jakmania masih harus lebih bersabar menantikan gol balasan dari tim kesayangannya. 

Hingga 15 menit terakhir, pemain Persija masih kesulitan menembus lini tengah PSM Makassar. Pemain Juku Eja rapat di lapangan tengah sehingga memaksa Macan Kemayoran menerobos dari sisi sayap. Tapi pertahanan PSM masih solid untuk menggagalkan beberapa upaya Persija.

Peluang bagi Persija di menit ke-43 dari tendangan bebas. Firza Andika mengeksekusi bola mati. Ia melepaskan tembakan melengkung yang mengarah langsung ke gawang, tapi Reza berhasil membaca arah bola dan menepisnya keluar sehingga menghasilkan tendangan sudut bagi Persija.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persija (5-3-2): Andritany Ardhiyasa; Ilham Rio Fahmi, Firza Andika, Hansamu Yama, Muhammad Ferarri, Rizky Ridho; Hanif Sjahbandi, Ryo Matsumura, Resky Fandi; Riko Simanjuntak, Witan Sulaeman 

Pelatih: Thomas Doll 

PSM (3-5-2): Muhammad Reza Pratama; Erwin Gutawa, Yuran Fernandez, Safrudin Tahar; Yakob Sayuri, Ananda Raehan, Kenzo Nambu,Yance Sayuri, Akbar Tanjung; Wiljan Pluim, Everton Nascimento 

Pelatih: Bernardo Tavares

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement