Senin 03 Jul 2023 21:00 WIB

Live Liga 1: Persija Harus Puas Berbagi Poin dengan PSM Makassar

Persija hanya bermain imbang 1-1 melawan PSM pada duel perdana di Liga 1 2023/24.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pesepak bola PSM Makassar Everton Nascimento (kedua kanan) berebut bola dengan pesepak bola Persija Jakarta Firza Andika (kanan) dalam laga perdana Liga 1 2023/2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (3/7/2023).
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Pesepak bola PSM Makassar Everton Nascimento (kedua kanan) berebut bola dengan pesepak bola Persija Jakarta Firza Andika (kanan) dalam laga perdana Liga 1 2023/2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (3/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta harus puas dengan hasil imbang saat menjamu PSM Makassar pada laga perdananya di BRI Liga 1 2023/2024. Persija yang tertinggal lebih dulu hanya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dalam laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (3/7/2023) malam WIB. 

PSM mencoba menekan di menit-menit awal setelah kickoff. Everton mencoba menembus pertahanan Persija tapi berhasil digagalkan oleh Rio Fahmi dan Firza Andika. Bola liar didapatkan Yakob tapi belum ada ancaman lebih jauh yang diberikan. 

Baca Juga

Juku Eja mendominasi serangan di lima menit pertama. Sementata tuan rumah baru mulai tampil keluar untuk membongkar pertahanan PSM di menit ke-8 melalui kerja sama Witan Sulaeman dkk di sisi kanan. 

Pada menit ke-10 Andritany melakukan penyelamatan penting saat menggagalkan peluang yang dimiliki Yakob di kotak penalti. Penjaga gawang berusia 31 tahun itu meninggalkan posisinya saat melihat Yakob berhasil melewati pemain belakang Persija. Ia menyapu bola keluar lapangan tepat waktu.

Setelah gempuran bertubi-tubi, PSM akhirnya berhasil membobol gawang Persija di menit ke-12. Gol tercipta melalui tandukan Kenzo Nambu yang berdiri tanpa penjagaan di mulut gawang Persija saat menerima umpan dari tendangan bebas Ananda Raehan. PSM pun semakin percaya diri dengan keunggulan sementara 1-0.

Tendangan bebas pertama bagi Persija di menit ke-18. Ryo Matsumura mengambil alih tendangan bola mati dari sisi kiri serangan. Ia melepaskan tembakan melengkung yang mengarah ke tiang jauh, tapi berhasil ditepis oleh Reza. Tidak ada ancaman lanjutan dari bola rebound.

Peluang emas terbuang sia-sia saat Witan terlambat menyambut umpan terobosan dari Ryo Matsumura setelah bermain dari kaki ke kaki hingga menembus ke kotak penalti PSM di menit ke-22. Suporter Persija, the Jakmania masih harus lebih bersabar menantikan gol balasan dari tim kesayangannya. 

Hingga 15 menit terakhir, pemain Persija masih kesulitan menembus lini tengah PSM Makassar. Pemain Juku Eja rapat di lapangan tengah sehingga memaksa Macan Kemayoran menerobos dari sisi sayap. Tapi pertahanan PSM masih solid untuk menggagalkan beberapa upaya Persija.

Peluang bagi Persija di menit ke-43 dari tendangan bebas. Firza Andika menjadi eksekutor bola mati. Ia melepaskan tembakan melengkung yang mengarah langsung ke gawang, tapi Reza berhasil membaca arah bola dan menepisnya keluar sehingga menghasilkan tendangan sudut bagi Persija.

Persija tampil lebih agresif sejak menit awal babak kedua. Permainan dari kaki ke kaki di sisi kanan berhasil menembus pertahanan PSM. Riko memiliki penguasaan bola di sisi kanan kotak penalti sebelum melepaskan umpan silang ke tengah, tapi itu masih terlalu tinggi untuk disambut rekan-rekannya. 

PSM hampir menggandakan keunggulan di menit ke-52. Serangan dari sisi kiri yang dilakukan Everton berhasil mencapai area kotak penalti. Ia melepaskan umpan tarik ke tengah yang disambut oleh Pluim dengan tembakan langsung ke gawang. Namun bola masih membentur kaki pemain belakang Persija dan berhasil diamankan Andritany. 

Penyelamatan penting dilakukan Yuran saat menutup peluang dari Riko yang mengejar umpan terobosan dari Hanif. Tak lama berselang, Rio berhasil melepaskan tembakan dari sisi kanan tapi bola masih membentur mistar gawang PSM. 

Gelombang serangan terus dilancarkan Persija tapi belum membuahkan hasil. Kemelut terjadi di kotak penalti PSM pada menit ke-80. Sandi yang terakhir memegang bola, ragu-ragu melepaskan tembakan sehingga ia kehilangan momentum. Tak lama berselang, Ryo Matsumura melepaskan tembakan placing dari luar kotak penalti. Reza tidak berkutik melihat tembakan yang berada di luar jangkauannya. Skor 1-1 untuk kedua tim bertahan hingga akhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement